Bupati Berharap Wajib Pajak di Lembata Jadi Panutan

Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur berharap agar wajib pajak (WP) di daerah itu bisa menjadi panutan dalam hal pembayaran pajak untuk hari-hari yang

Bupati Berharap Wajib Pajak di Lembata Jadi Panutan
POS KUPANG.COM/FRANS KROWIN
ISI SPT -- Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur (kiri) dan Ketua DPRD Lembata, Ferdinandus Koda membuat laporan SPT Tahunan Pajak PPh Tahun Pajak 2018 di Aula Kantor Bupati Lembata, Jumat (15/1/2019). 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA -- Bupati Lembata, Eliaser Yentji Sunur berharap agar wajib pajak (WP) di daerah itu bisa menjadi panutan dalam hal pembayaran pajak untuk hari-hari yang ke depan.

Harapan Bupati Sunur itu disampaikan saat membuka secara resmi Pekan Panutan Pelaporan SPT Tahunan PPh Tahun Pajak 2018 di Aula Kantor Bupati Lembata, Jumat (15/3/2019). Acara itu dihadiri Forkompinda, para kepala OPD serta sejumlah ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lembata.

Dikatakannya, kesadaran para wajib pajak di daerah itu, mungkin belum menggembirakan. Tapi ke depan diharapkan kesadaran itu membaik sehingga sebelum tanggal jatuh tempo, wajib pajak perorangan dan badan usaha telah menunaikan kewajiban melaporkan SPT Tahunan sebagaimana yang diharapkan.

Ia juga gembira bila kehadiran para wajib pajak pada pembukaan pekan panutan pelaporan SPT Tahunan itu, cukup banyak ASN, yang oleh Kepala KPP Pratama Maumere, Bonarsius Sipayung, disebut sebagai melebihi ASN yang hadir pada saat acara yang sama digelar di Larantuka, Kabupaten Flores Timur (Flotim).

Bupati Sunur berharap agar kehadiran ASN itu sebagai wujud dari kesadaran wajib pajak orang pribadi dalam melaporkan SPT Tahunan seperti yang diharapkan. Setidaknya itu menjadi isyarat awal bagi peningkatan kesadaran wajib pajak untuk melaporkan SPT Tahunan pada tahun 2019 ini.

Terkait Emisi, Jaguar Land Rover Tarik 44.000 Mobil

"Kita berharap agar kehadiran wajib pajak kali ini diikuti dengan kesadaran melaporkan SPT Tahunan pada waktu-waktu yang akan datang. Kalau ini terwujud maka mulai saat ini dan ke depan, Lembata akan lebih baik dibanding kesadaran wajib pajak di Flores Timur," ujarnya.

Ini Identitas Dua Korban Aksi Penembakan di Selandia Baru asal Indonesia

Menurut dia, setiap wajib pajak hendaknya menjadi panutan bagi keluarga dan masyarakat. Tapi itu akan terwujud jikalau setiap wajib pajak menunaikan kewajibannya melaporkan SPT Tahunan tepat waktu sebagaimana yang diharapkan.

Kalau semua wajib pajak patuh akan hal ini, lanjut dia, maka ke depan Lembata dapat menjadi panutan bagi kabupaten lain. "Saya memang berharap seperti itu. Untuk itu kita harus mulai sadar akan hal ini," ujarnya.

Seusai membuka secara resmi acara tersebut, Bupati Sunur didampingi Ketua DPRD Lembata, Ferdinandus Koda lantas mengisi formulir SPT Pajak Tahunan secara elektronik. Bupati Sunur membuat laporan SPT Tahunan Pajak PPh Tahun r2018 orang pribadi menggunakan laptop sementara Ferdinandus Koda membuat laporan SPT Tahunan Pajak orang pribadi menggunakan handphone. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved