Jalan Nasional di Manggarai Barat Rusak, Ekspedisi Pindah ke Pelabuhan Ende

Jalan Nasional di Kabupaten Manggarai Barat Rusak, Ekspedisi Pindah ke Pelabuhan Ende

Jalan Nasional di Manggarai Barat Rusak, Ekspedisi Pindah ke Pelabuhan Ende
POS-KUPANG.COM/Servatinus Mammilianus
Jalan dan jembatan rusak parah saat hujan lebat yang mengakibatkan banjir dan longsor di Kabupaten Manggarai Barat, Kamis (7/3/2019). 

Akibat Jalan Nasional di Kabupaten Manggarai Barat Rusak, Ekspedisi Pindah ke Pelabuhan Ende

POS-KUPANG.COM | RUTENG - Bencana tanah longsor di ruas jalan nasional di Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) mengakibatkan banyak pengusaha di Kota Ruteng, Kabupaten Manggarai pusing kepala.

Pengusaha yang sudah sering mengirim barang ke Ruteng dan Bajawa harus mencari pelabuhan lain di Pulau Flores.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT akan Rekrut Pengawas untuk Kabupaten Belu dan Malaka

Banyak pengusaha kontainer yang mengalihkan truk ekpedisinya ke Pelabuhan Ende. Biasanya dari Labuan Bajo malah turun ke Ende guna membawa barang ke Ruteng dan Borong.

"Kami harus terpaksa turun di Pelabuhan Ende baru ke Ruteng dan Borong. Kami selama ini lewat Labuan Bajo harus pindah lewat Ende baru ke Ruteng. Kami baru-baru ini turun di Ende lalu kembali ke Ende untuk antar muatan ke Surabaya. Biaya di Ende tentunya beda dengan Labuan Bajo. Mau tidak mau kami harus ikut. Barang sudah muat kami harus antar ke Surabaya. Mudah-mudahan sudah baik tapi minggu depan kami coba turun di Labuan Bajo. Informasi sudah bisa lewat," kata Aris Pantur, Sopir Ekspedisi Mukti Raya Ruteng-Surabaya yang dihubungi POS-KUPNG.COM, Kamis (14/3/2019) sore.

Ikatan Adhyaksa Dharma Karini Salurkan Bantuan Peduli Korban Longsor di Culu Labuan Bajo

Ia menjelaskan, ekpedisi ketika ada bencana di Mabar harus ke Ende guna kembali ke Surabaya karena sudah memuat barang milik orang.

"Kami harap bisa cepat tuntas sehingga kami tidak putar ke Ende lagi," ujar Aris.

Sementara itu, Koko Robert, pengusaha di Kota Ruteng yang dihubungi POS-KUPANG.COM mengaku dampak bencana Mabar membuat mengalami kerugian.

"Maka itu kami minta jalannya segera diperbaikki. Kami biasanya angkut dan bawa barang dari Labuan Bajo," ujar Koko Robert.

Sementara itu, pantauan POS-KUPANG.COM di Ruteng, eksepedisi yang biasanya parkir di Kota Ruteng tampak tidak ada yang memarkir kendaraannya.

Semua kendaraan ekspedisi menuju ke Ende karena ingin mengantar barang ke Surabaya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Aris Ninu)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved