Pencurian Kabel di Lembata, Polisi Sudah Penuhi Petunjuk Jaksa

Penyidik Polres Lembata, telah memenuhi petunjuk jaksa soal kasus pencurian kabel listrik di Belang, Desa Watokobu, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten

Pencurian Kabel di Lembata, Polisi Sudah Penuhi Petunjuk Jaksa
POS-KUPANG.COM/Frans Krowin
Kasat Reskrim, Iptu Yohanis Wila Mira 

Laporan Wartawan Pos Kupang.Com, Frans Krowin

POS KUPANG.COM, LEWOLEBA -- Penyidik Polres Lembata, telah memenuhi petunjuk jaksa soal kasus pencurian kabel listrik di Belang, Desa Watokobu, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata, NTT, beberapa waktu lalu.

"Petunjuk jaksa untuk melengkapi berkas berita acara itu sudah kami lengkapi. Jadi dalam waktu satu dua hari ke depan ini berkas itu kami serahkan ke kejaksaan (tahap P19). Setelah itu kami tunggu petunjuk lain. Bila disebutkan bahwa berkas itu sudah lengkap maka kami akan segera melimpahkan berkas BAP dan tersangkanya."

Kapolres Lembata, AKBP Janes Simamora melalui Kasat Reskrim Iptu Yohanis Wila Wira, ketika ditemui Pos Kupang.Com di Polres Lembata, Rabu (13/3/2019). Ia mengungkapkan itu ketika dikonfirmasi soal perkembangan kasus pencurian kabel listrik di daerah itu belum lama ini.

Dikatakannya, saat melengkapi berkas.perkara kasus itu, polisi memanggil pegawai PLN Rayon Lembata untuk diminbtai keterangan. Polisi juga menghitung ulang panjang kabel listrik yang diduga dicuri oleh tiga oknum pencuri di Belang, Desa Watokobu.

Ada pun tiga oknum pencuri yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus itu, yakni Ma'arif, Yohanes Junilan dan Abdullah Muji Syukur. Dan, saksi kunci atas kasus pencurian tersebut, yaitu Kepala Desa Bolibean, Kecamatan Nagawutun, Paulus Dolu.

Kasat Yohanis mengungkapkan, saat melengkapi berkas perkara tersebut, polisi juga memanggil dan meminta keterangan tambahan Kades Bolibean tersebut. Kades itu juga telah diambil keterangan tambahan terkait kesaksiannya saat aksi pencurian yang dilakukan ketiga oknum tersebut.

Garbine Muguruza lanjutkan langkahnya di Indian Wells

Oleh karena itu, lanjut Kasat Yohanis, pihaknya berkeyakinan kalau semua petunjuk jaksa telah dipenuhi seluruhnya. Untuk itu, maka berkas perkara yang telah dilengkapinya selama masa P19 itu akan segera dikembalikan kepada jaksa untuk diteliti lagi kekurangannya. Hal itu kemungkinan dilakukan dalam waktu dekat ini.

"Dalam waktu dekat ini kami akan mengembalikan berkas perkara itu ke kejaksaan. Setelah itu kami menunggu kabar dari jaksa. Jika jaksa menyatakan bahwa berkas perkara itu sudah lengkap maka kami akan segera menyerahkan berkas perkara dan ketiga tersangka untuk diproses lebih lanjut," ujar Yohanis.

Menurut dia, saat ini penyidik sedang menyiapkan semua berkas untuk P19 itu. Kalau semua sudah lengkap maka paling lambat akhir minggu ini berkas perkaranya sudah ada di tangan jaksa. "Jadi untuk saat ini, perkembangan penanganan kasusnya seperti itu," ujar Yohanis. (*)

Penulis: Frans Krowin
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved