Haji Sehat  Ibadah Berkualitas 

HAJI adalah maqom yang sangat paripurna dari implementasi rukun islam, haji pula menjadi instrumen ibadah yang paling sakral yang di laksanakan tiap

Haji Sehat  Ibadah Berkualitas 
istimewa
Harun Al Rasid Sulaiman 

HAJI  adalah maqom yang sangat paripurna dari implementasi rukun islam, haji pula menjadi instrumen ibadah yang paling sakral yang di laksanakan tiap tahunan pada saat musim haji, karena dengan perjalanan ibadah Hajilah duplikat seorang semasa di dunia berupa amal kebaikan maupun amal keburukan kita akan tercermin di sana. Begitulah ibadah yang paling fenomenal ini di gelar setiap tahun.

Hal yang sangat substansial adalah faktor kesehatan dalam melaksanakan ibdah haji, karena tidak semata mata niat dan ibadah secara vertikal sajalah menjadi titik fokus utama akan tetapi lokus kesehatan menjadi pusat perhatian dan konsentrasi horizontal sebagai bamper penyanggah bagi setiap jamaah yang hendak melaksanakan ibadah haji tersebut.

Inilah yang menjadi konsentrasi utama Pemerintahan dalam hal ini Kementerian Kesehatan RI melalui Pusat Kesehatan Haji untuk memberikan jaminan serta pelayan yang terbaik bagi setiap para jamaah haji yang hendak melaksanakan ibadah haji di tanah suci.

Pemerintah dalam hal ini Kementrian Kesehatan RI melalui Pusat Kesehatan Haji juga bertangggung jawab sepenuhnya dalam menyukseskan penyelenggaraan ibadah haji, dan dengan gejala dari risiko kesehatan yang kemungkinan timbul pada setiap jemaah haji yang selalu ikut diantisipasi.

Selama pelaksanaan haji pun, Kepala Pusat Kesehatan Haji Dr.dr. Eka jusup singka, M.Sc selalu mengarahkan team terbaik dari kementeria Kesehatan yakni TKHI TGC kesehatan PPIH untuk mendampingi jamaah haji indonesia dan melakukan pengamanan secara intensif demi menjaga kesehatan sebagai bagian yang sangat vital dalam proses peribadatan berlangsung.

Atmosfir khadimul haramain juga cuaca panas sangat memicu penyakit dan bisa menambah angka sakit pada jemaah. Banyak aktivitas ibadah yang dilakukan di udara terbuka dengan sinar matahari yang langsung mengenai jemaah yang dengan terik panasnya sangat menyengat kulit, juga debu yang banyak, serta berdesakan dengan jemaah lain dari berbagai negara, menjadi tantangan bagi
pemerintah Indonesia dalam menekan angka kesakitan. Untuk itu Pusat Kesehatan Haji menyediakan Alat Pelindung Diri  ( APD) yang akan dibagikan kepada seluruh jamaah indonesia.

Dari sinilah nampak peran serta pemerintahan yakni Kementrian Kesehatan RI yang langsung mendapat mandat dari negara untuk melaksanakan tugasnya sehingga pemerintah hadir secara nyata di Tanah Suci.

Peran Kementerian Kesehatan dimulai sejak para jemaah berada di tanah air. Seluruh jemaah haji diperiksa kondisi kesehatan mereka dan dilakukan pembinaan untuk menjaga kesehatan.

Kementerian kesehatan juga telah memberikan dukungan secara full dalam menyukseskan ibadah haji tersebut. Tentu sebagai warga negara serta jamaah yang ingin melaksanakan ibadah haji sangat menaruh harapan besar terhadap kementerian kesehatan dengan segala kapasitas, kemampuam serta faslitas yang
lebih masif, agar penyelenggaraan ibadah ini selalu berjalan aman dan membawa kedamaian serta berkualitas untuk kekhusyuan ibadah bagi setiap warga negara khususnya beragama muslim dalam melaksanakan ibadahnya.

Semoga Pusat Kesehatan Haji tetap dan selalu menjadi garda terdepan dengan memberi andil besar terhadap proses penyelenggaraan haji bagi seluruh warga dan jamaah indonesia.  (*)"

Oleh : Harun Al Rasid Sulaiman, Staf Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI

Editor: Ferry Ndoen
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved