Berita Tamu Kita

Tamu Kita: Drs.Gidion Mbilijora, Meningkatkan Ekonomi Melalui Pariwisata

Pada sisa masa jabatannya kurang lebih dua tahun Gidion fokus meningkatkan ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata.

Tamu Kita: Drs.Gidion Mbilijora, Meningkatkan Ekonomi Melalui Pariwisata
ISTIMEWA
Drs. Gidion Mbilijora 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Robert Ropo

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Drs. Gidion Mbilijora,M.Si adalah tokoh Sumba Timur. Ia juga tokoh NTT yang kini menjabat bupati Sumba Timur.

Pada sisa masa jabatannya kurang lebih dua tahun Gidion fokus meningkatkan ekonomi masyarakat Sumba Timur melalui sektor pariwisata.

Bagaimana caranya mengembangkan sektor pariwisata khususnya pengembangan eko wisata, ikuti perbincangan wartawan Pos Kupang, Robert Ropo dengan Drs.Gidion Mbilijora,M.Si di di Rumah Jabatan Bupati Sumba Timur di Kelurahan Hambala, Kecamatan Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Jumat (22/2/2019).

PLN Pastikan Tahun Ini Desa Boafeo Sudah Berlistrik

Akhir-akhir ini Anda sangat gencar membangun sektor pariwisata di Sumba Timur. Mengapa?
Ya, pariwisata merupakan salah satu program unggulan Kabupaten Sumba Timur untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Kita fokus pengembangan ekowisata.

Bagaimana pengembangan ekowisata?
Melalui pengembangan ekowisata ini, kita mau membuat pilihan lain, alternatif untuk para wisatawan nusantara atau mancanegara. Kalau kita mau kejar wisata Bali tentu kita tidak bisa, kita kejar paling tidak Lombok atau Labuan Bajo.
Melalui ekowisata ini kita memanfaatkan betul potensi alam yang ada termasuk memanfaatkan peluang dengan ditetapkan Sumba sebagai salah satu pulau terindah di dunia. Itu menjadi setting kita untuk mengembangkan pariwisata di Sumba Timur seperti wisata bahari, alam, budaya, maupun objek wisata baru yang kita rancang untuk dikembangkan karena masih berkaitan dengan alam dan tumbuhan serta lingkungan.

Apa objek wisata baru yang dirancang terkait pengembangan eko wisata ini?
Objek wisata baru itu seperti pengembangan bunga sakura Sumba. Ini menjadi ikon baru, sehingga ketika orang datang di Waingapu, orang berpikir turun di kota sakura. Kita akan promosikan. Apalagi kondisi alam Sumba Timur berbukit-bukit tentu itu sangat eksotis.

Bagaimana target pengembangan sakura Sumba di Kota Waingapu?
Ya saya sudah sampaikan kepada dinas terkait untuk menyiapkan tanaman sakura Sumba untuk kita tanam di sejumlah ruas jalan protokol di Kota Waingapu. Selain itu di sepanjang jalan Lewa Waingapu sampai ke arah timur Sumba Timur, dan di wilayah pantai utara sampai di Haharu jika memungkinkan serta sejumlah lokasi yang cocok untuk ditanami sakura Sumba.
Ini adalah salah satu objek wisata alternatif yang dapat dinikmati oleh wisatawan. Wilayah tengah hingga wilayah selatan Sumba Timur itu postur topografinya berbukit yang sangat eksostis sehingga kita berniat menetapkan wilayah itu menjadi geopark atau taman bumi mulai dari bukit Hiliwuku, Tanara sampai Wanggameti. Apalagi disana ada Taman Nasional Matalawa.
Langkah pertama kita tetapkan dengan peraturan bupati (Perbup) dahulu. Kita berharap program pengembangan pariwisata ini sejalan dengan program gubernur.

Ini Alasan Bank NTT Buka USPD Di Maukaro

Bagaimana dukungan terhadap pengembangan ekowisata di Sumba Timur?
Beberapa perusahan mau menginvestasikan modalnya untuk membangun resor dan perhotelan. Seperti di Pantai Tarimbang, dan di arah timur dari Pantai Walakiri sampai Wula Waijelu, begitu juga dengan wilayah pantai utara Sumba Timur.
Kita pada prinsipnya welcome bagi semua perusahan yang mau berinsvestasi di Sumba Timur, kita akan memfasilitasi dan memberikan kemudahan bagi para pengusaha untuk membangun resor atau hotel

Apa yang Anda harapkan dari pengembangan sektor pariwisata?
Ya tentu meningkatkan ekonomi rumah tangga, menyerap tenaga kerja serta meningkatkan PAD. Kita berharap pengembangan pariwisata ini akan meningkatkan pendapatan masyarakat juga membuka lapangan kerja baru.

Halaman
123
Penulis: Robert Ropo
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved