Bupati Malaka Tinjau Desa Centra Produksi Bawang Merah

Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran didampingi Sekda Malaka, Donatus Bere dan pimpinan perangkat daerah meninjau desa centra produksi bawang merah di

Bupati Malaka Tinjau Desa Centra Produksi Bawang Merah
POS KUPANG.COM/TENI JENAHAS
TINJUA---Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran didampingi Sekda Malaka, dan pimpinan perangkat daerah meninjau desa centra produksi bawang merah di Desa Fafoe, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, Provinsi NTT, Jumat (1/3/2019). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS KUPANG.COM| BETUN---Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran didampingi Sekda Malaka, Donatus Bere dan pimpinan perangkat daerah meninjau desa centra produksi bawang merah di Desa Fafoe, Kecamatan Malaka Barat, Kabupaten Malaka, Provinsi NTT, Jumat (1/3/2019).

Peninjauan itu guna melihat kondisi lahan untuk pengembangan bawang merah dan infrastruktur jalannya. Dari hasil pininjauan tersebut, Bupati mengakui, infrastruktur jalan belum memadai sehingga harus segera ditingkatkan.

“Dari hasil pantauan di lapangan, jalan yang perlu diperbaiki mulai dari ujung aspal di tikungan eks RS Marianum Besikama menuju wilayah Desa Fafoe kemudian keluar kembali di jalan hotmix di Katara," kata Bupati Stef yang saat itu meninjau dengan berjalan kaki.

´┐╝Menurut Bupati Stef, tahun 2020 pemerintah akan mengerjakan ruas jalan tersebut. Pekerjaan pertama adalah penguatan badan jalan dengan membangun permukaan jalan lebi tinggi.

Tahun 2021, ruas jalan tersebut ditingkatkan dengan hotmiks sehingga akses masyarakat lebih nyaman.

´┐╝Ketika jalan sudah bagus maka akan berdampak pada kelancaran arus lalulintas menuju ke Desa Fafoe yang merupakan desa centra bawang merah. Ketersedian infrastruktur jalan yang bagus akan memberikan manfaat ganda bagi masyarakat khususnya petani bawang. Kendaraan akan lebih lancar mengangkut barang-barang hasil pertanian termasuk bawang merah.

Bupati Stef mendorong masyarakat Malaka agar tetap semangat mengolah lahan pertanian di Malaka karena tanah Malaka adalah tanah yang paling subur di Pulau Timor. Untuk membantu petani, pemerintah melalui program RPM memberikan kemudahan-kemudahan dalam mengolah lahan seperti memberikan traktor untuk balik tanah, benih, obat-obatan dan tenaga pendamping.

Pemerintah juga lewat program prioritas bidang infrastruktur telah membangun jalan raya agar melancarkan akses transportasi dan orang. (*)

Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved