Agus Boli Sebut Tiga tahun Lalu Pasar Inpres Larantuka Tidak Terurus

Kondisi Pasar Inpres Larantuka di Kabupaten Flores Timur, Pulau Flores, NTT, tiga tahu silam tidak diurus dengan benar.

Agus Boli Sebut Tiga tahun Lalu Pasar Inpres Larantuka Tidak Terurus
POS-KUPANG.COM/FOTO HUMAS PEMKAB FLORES TIMUR
Wabup Flores Timur, Agus Boli dialog dengan pedagang di Pasar Baru Larantuka, Jumat (22/2/2019). 

POS-KUPANG.COM | MAUMERE - Kondisi Pasar Inpres Larantuka di Kabupaten Flores Timur, Pulau Flores, NTT, tiga tahu silam tidak diurus dengan benar. Saat ini pasar ini telah tertata bagus untuk ditempati pedagang.

"Setelah dilantik bulan Mei 2017, kami sidak di pasar temukan banyak masalah. Butuh waktu panjang menata kembali, sekarang sudah siap relokasi pedagang tempati lokasi yang baru," ujar Wakil Bupati Flotim, Agus Boli kepada POS-KUPANG.COM, Rabu (27/2/2019).

Pengamat Politik Undana Kupang Minta Masyarakat dan Tim Sukses Bijaksana Gunakan Medsos

Agus berkata, pemerintah serius mengurus pasar karena pasar sebagai sumbu ekonomi rakyat. Pasar punya dua orientasi yakni 'profit oriented' berkaitan dengan peningkatan ekonomi rakyat untuk kesejateraan publik. Pasar juga sebagai social oriented, tempat bertemunya orang-orang dari berbagai kampung, lapisan, golongan.

"Di sana terjadi silahtuhrami kemanusiaan dalam Bahasa Lamaholot kami sebut "Bereun Senaren," imbuh Agus.

Burhan Kia Janji Sampaikan Surat Pernyataan Sikap Masyarakat Adat Baolangu ke DPRD Lembata

Pasar Inpres Larantuka bisa menampung 184 pedagang ruko sedangkan yang lainnya di petak los. Dalam verifikasi data penyewaan los ditemukan sembilan pedagang memiliki los lebih dari satu.

"Setiap pedagang hanya boleh dapat satu unit. Ini untuk memenuhi rasa keadilan bagi para pedagang," tegas Agus.

Dalam bulan Maret 2019, kata Agus, relokasi Pasar Waiwerang di Adonara juga dilaksanakan setelah serahterima pekerjaan. Bangunan dua lantai merupakan pasar utama di Pulau Adonara sebagai sumbuh ekonomi bagi ratusan ribu lebih penduduk di pulau ini.

"Dulu sewaktu kami masih paket calon bupati-wakil, "bereun' kami mengunjungi pasar untuk lihat langsung keadaan pasar. Setelah terpilih, kami benahi Pasar Larantuka dan Waiwerang pada tahun pertama untuk peningkatan ekonomi rakyat," ujarnya. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Eginius Mo'a)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved