FKM Undana Gelar Penyuluhan Kesehatan Remaja di SMPN 16

Puluhan Dosen dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undana Kupang mengadakan pengabdian kepada masyarakat di Kota Kupang.

FKM Undana Gelar Penyuluhan Kesehatan Remaja di SMPN 16
POS-KUPANG.COM/Oby Lewanmeru
Suasana saat dosen FKM Undana Kupang laksanakan kegiatan pengabdian berupa penyuluhan kesehatan di SMP Negeri 16 Kota Kupang di Perumnas Kelurahan Nefonaek Kota Kupang, Sabtu (23/2/2019). 

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Puluhan Dosen dari Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undana Kupang mengadakan pengabdian kepada masyarakat di Kota Kupang.

Pengabdian itu berupa Desiminasi Informasi atau penyuluhan kesehatan kepada remaja pada siswa-siswi di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 16 Kota Kupang di Perumnas Kelurahan Nefonaek, Kota Kupang, Sabtu (23/2/2019).

Kegiatan itu diikuti oleh siswa-siswi SMPN 16 Kota Kupang yang dibagi dalam 17 kelas. Materi-materi yang diberikan oleh para dosen FKM Undana yaitu tentang, Kehamilan yang Tidak Diinginkan (KTD), Penyakit Malaria, Penyakit HIV/AIDS, Mencegah Kehamilan Dini pada Remaja dalam Upaya Mewujudkan Generasi Emas, Penyakit Diare, Pengetahuan tentang TBC dalam Menurunkan Angka Penularan Penyakit dan Meningkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat.

Pencak Silat Nagekeo Adakan Ujian Kenaikan Tingkat

Selain itu ada materi tentang Demam Berdarah Dengue (DBD), Penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS), Bahaya Napza pada Remaja, Dampak Penggunaan Media Sosial, Penyakit Stunting, Gizi Remaja, Bahaya Perilaku Merokok, Hiegine Perorangan pada Remaja, Penyakit Thypus Abdominalis dan materi Jajanan Sehat.

Cerita Rince Bell, Seorang Ibu di Kupang yang Lahirkan Tiga Bayi Laki Laki Kembar

Ketua Panitia Kegiatan, Amelya B. Sir, S.KM., M.Kes, kepada POS-KUPANG.COM, menjelaskan, kegiatan itu sebagai wujud kepedulian dan untuk melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi yang yaitu Pengabdian kepada masyarakat.

"Kegiatan pengabdian itu dilaksanakan Sabtu 23 Februari 2019. Dilaksanakan oleh Dosen FKM Undana. Ini bagian dari kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat," ujar Amel, Minggu (24/2/2019).

Amel menjelaskan tujuannya siswa dapat memperoleh pengetahuan dan informasi berkaitan dengan masalah kesehatan pada remaja.

Masalah kesehatan pada remaja itu seperti perilaku seks bebas, Infeksi Menular Seksual dan HIV/ AIDS, perilaku hidup bersih dan sehat dan bahaya penggunaan media sosial bagi remaja.

Ia mengatakan dengan adanya edukasi lewat penyuluhan ini siswa dapat meningkatkan pengetahuan.

"Materi yang diberikan berkaitan dengan upaya pencegahan masalah kesehatan pada remaja," ujarnya.

Halaman
12
Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved