Tiga Kabupaten di NTT Belum Miliki Dokter Lab

Ketiga kabupaten tersebut adalah Kabupaten Lembata, Kabupaten Manggarai Barat dan Kabupaten Alor.

Tiga Kabupaten di NTT Belum Miliki Dokter Lab
POS KUPANG/RYAN NONG
Ketua PDSK Patklin Cabang Kupang dr Hermi Indita Malewa SpPK bersama ketua Panitia dr Dwi Kurniawan Nugroho SpPK dan Karumkit TNI AD Mayor CKM dr Aan Riswandi SpPK MKes. 

Tiga Kabupaten di NTT Belum Miliki Dokter Lab

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Tiga Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur hingga saat ini belum memiliki dokter lab atau dokter spesialis patologi klinis. Ketiga kabupaten tersebut adalah Kabupaten Lembata, Kabupaten Manggarai Barat dan Kabupaten Alor.

Hal ini diungkapkan Ketua PDSK Patklin Cabang Kupang dr Hermi Indita Malewa SpPK kepada POS-KUPANG.COM usai acara pelantikan pengurus PDSK Patklin NTT di Aston Hotel, Sabtu (23/2/2019).

Dr Hermi mengatakan dokter spesialis patologi klinis yang berkarya di NTT hingga saat ini baru 18 orang yang terdiri dari dokter negara (ASN) dan non ASN.

Relawan Demokrasi KPU Kota Kupang Rencana Kumpulkan Semua Komunitas di Lokasi Car Free Day

KPUD Manggarai Rekrut 6.440 Anggota KPPS

Pengurus PDS Patklin NTT Resmi Dilantik

Ramalan Zodiak Malam, Sabtu 23 Februari 2019, Capricorn Dapat Uang, Taurus Selesaikan Proyek

“Jumlah dokter patologi klinis di NTT saat ini ada 18 orang yang tersebar di hampir semua kabupaten. Namun ada tiga kabupaten yang belum (memiliki dokter spesialis patologi klinis), itu di Lembata, Manggarai Barat dan Alor,” katanya.

Dokter spesialis patologi klinis, lanjutnya, bergerak di bidang pemeriksaan laboratorium baik di rumah sakit maupun laboratorium klinis lainnya.

“Jadi yang kami lakukan adalah memeriksa semua spesimen yang berasal dari cairan tubuh, itu dilakukan di laboratorium dan kami punya kompetensi untuk melakukan interpretasi pemeriksaan tersebut,” paparnya.

Pemeriksaan laboratorium itu, jelasnya merupakan salah satu pemeriksaan penunjang yang sangat membantu dalam memberikan diagnosis kepada dokter yang merawat pasien.

Pesan WhatsApp Terlanjur Terhapus, Begini Cara Gampang Untuk Mengembalikannya

Kampanye Sayangi Bumi Tak Butuh Biaya Besar

Ia juga menjelaskan, standar laboratorium di Provinsi Nusa Tenggara Timur seperti juga berlaku umum di Indonesia memang disesuaikan dengan standar yang ditetapkan dari Permenkes RI. Standar laboratorium mengikuti tipe rumah sakit, demikian pula standar laboratorium di Puskesmas Puskesmas.

“Seperti di RSUD Johannes Kupang yang bertipe B maka standar laboratoriumnya juga tipe B, jari mengikuti, begitu pula di Puskesmas, mereka juga punya standar mengikuti Permenkes, jadi apa yang harus dilengkapi di dalam laboratorium itu sudah ada di permenkes,” ujarnya.

Ia mengatakan, keluhan pasti ada dari masyarakat, namun pihaknya terus berusaha meminimalisir keluhan tersebut. Terutama di daerah timur, akunya, masih terkendala banyak laboratorium yang alat alat pemeriksaannya belum otomatis, juga ada kendala pada pengadaan regen.

dr Hermi Indita Malewa SpPK dilantik bersama 18 anggota pengurus Perhimpunan Dokter Spesialis Patologi Klinis dan Kedokteran Laboratorium Indonesia (PDS Patklin) cabang Kupang yang menaungi provinsi Nusa Tenggara Timur oleh ketua pengurus pusat, Prof Dr dr Ida Parwati SpPK (K) Phd.

Hasil Olah TKP Kecelakaan di Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Fidelis Ditabrak Karolus

Dijadikan Kambing Hitam atas Hasil Buruk Real Madrid, Dimitar Berbatov Sarankan Gareth Bale Pindah

Hasil Olah TKP Kecelakaan di Borong, Kabupaten Manggarai Timur, Fidelis Ditabrak Karolus

Kegiatan pelantikan pengurus PDS Patklin Cabang Kupang yang membawahi wilayah Provinsi NTT ini dilaksanakan di Ballroom Aston Hotel Kupang, Sabtu (23/2/2019) pagi. Usai acara pelantikan, dilanjutkan dengan simposium aplikasi pemeriksaan laboratorium klinik dalam pemeriksaan laboratorium sehari hari.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi, Kadis Kesehatan NTT drg Dominggus Minggu Mere, Kadis kesehatan Kota Kupang dr Arya, Wakil Dir Pelayanan RSUD Kupang, Ketua-ketua organisasi profesi kesehatan NTT, serta tamu undangan. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved