Berita Ekonomi Bisnis

Beli Rumah Sebaiknya di Anggota REI NTT Lebih Terjamin

Bagi masyarakat di NTT yang ingin membeli rumah sebaiknya membeli di rumah yang dibangun oleh anggota DPD REI NTT. Dijamin tidak ada masalah

Beli Rumah Sebaiknya di Anggota REI NTT Lebih Terjamin
ISTIMEWA
Ketua DPD REI NTT

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG,COM | KUPANG- Masyarakat yang ingin membeli rumah, disarankan untuk membeli rumah yang dibangun oleh anggota REI NTT karena terjamin.

Namun di NTT belum semua daerah terjangkau.

"Kami banyak mendapatkan klaim dari masyarakat yang membeli rumah di perusahaan yang bukan anggota REI. Kalau seperti itu kami tidak bisa berbuat apa-apa tapi kalau anggota REI, kami masih bisa mediasi untuk menyelesaikan permasalahan. Maka diimbau kepada masyarakat jika mau membeli rumah ingat REI. Karena bila membeli di anggota REI pasti terselesaikan," kata Ketua DPD REI NTT, Bobby Pitoby, MBA yang ditemui Rabu (20/2/2019).

Ia mengatakan REI sudah membangun di 18 kabupaten/kota di NTT masih empat kabupaten yang belum disasar.

Namun tahun ini ditargetkan semua kabupaten sudah bisa dijangkau.

"Hanya pembangunan perumahan lebih banyak masih di dalam Kota dan Kabupaten Kupang karena lahan masih sangat luas. Yang kita rasakan penyerapan rumah subsidi di daerah masih minim. Karena banyak orang yang beum mengetahui program rumah subsidi ini. Saya sering ke daerah untuk melakukan sosialisasi rumah subsidi. Setelah disampaikan barulah mereka mengetahui," tuturnya.

Mengenai harga rumah, Bobby menjelaskan, khusus rumah subsidi masih menggunakan harga yang lama yakni Rp 148.500.000/unit. DPD REI NTT, tambahnya, menargetkan 3500 unit rumah yang akan dibangun tahun 2019 ini.

"REI NTT yang beranggotakan 74 anggota REI di NTT ini mayoritas membangun rumah bersubsidi dan kami targetkan 3500 unit rumah. Jumlah ini naik sebesar 500 unit rumah dari target tahun lalu," ujarnya.

Bobby mengungkapkan, harga jual rumah di NTT sebenarnya sudah Rp 158 juta/unit kecuali di Kabupaten Sabu dan Alor, yang harganya bisa lebih dari itu. Tetapi karena belum ada ketentuan dari Kementerian Keuangan mengenai bebas PPn maka sampai saat ini rumah baru di tahun 2019 masih dipasarkan dengan harga lama Rp 148.500.000/unit.

Jokowi Berpesan Masyarakat Konsisten Menentukan Pilihan Politik, Jangan Berubah karena Isu

Mengharukan! Siswa SD NCIPS Kupang Berbagi Kasih Dengan Warga Baru Oebelo di Hari Valentine

"Oleh sebab itu diimbau kepada masyarakat untuk bisa membeli rumah saat ini. Karena lebih untung dengan spesifikasinya pembangunan 2019 tetapi harga yang ditawarkan harga tahun lalu. Harga ini tidak lama karena bulan mendatang ketika sudah ada peraturan maka akan terjadi kenaikan," ujarnya.

Bobby mengatakan, saat ini kondisi pembangunan perumahan di NTT, ada yang ready stock dan beberapa masih dalam tahap pembangunan.

Ia juga menyampaikan dalam waktu dekat pada April mendatang REI NTT akan mengadakan REI Expo besar-besaran. Expo ini sebagai ajang edukasi kepada masyarakat. (*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Hermina Pello
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved