Ada 91 Pemilih Tambahan Di Kabupaten Ende

Hasil penyisiran penyelenggara pemilu di Kabupaten Ende menemukan 91 orang pemilih tambahan pada Pemilu 17 April 2019 di Kabupaten Ende.

Ada 91 Pemilih Tambahan Di Kabupaten Ende
POS-KUPANG.COM/ROMUALDUS PIUS
Anggota KPU Ende, Frans Lotar Piara 

Ada 91 Pemilih Tambahan Di Kabupaten Ende 

Laporan Reporter Pos Kupang.Com, Romualdus Pius
POS-KUPANG.COM | ENDE- Hasil penyisiran penyelenggara pemilu di Kabupaten Ende menemukan 91 orang pemilih tambahan pada Pemilu 17 April 2019 di Kabupaten Ende.

Rincianya, pemilih laki-laki sebanyak 51 pemilih dan pemilih perempuan 40 pemilih yang tersebar pada 882 TPS di 21 Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Ende.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum divisi data pemilih, Fransiskus Lotar Piara mengatakan hal itu kepada POS-KUPANG.COM DI Ende, Kamis (21/2/2019).

KPU Sumba Tengah Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tambahan

Pilkada Sumba Timur, KPU Tetapkan 625 Pemilih Tambahan

Frans mengatakan, penetapan daftar pemilih tambahan telah dilaksanakan melalui rapat pleno terbuka dihadiri oleh semua Komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Ende, Bawaslu dan PPK, Selasa (19/2/2019) di Kantor KPU Kabupaten Ende.

Frans mengatakan selain ada penambahan jumlah pemilih DPTb, ada juga pemilih luar yang akan memberikan suaranya di luar Kabupaten Ende yakni sebanyak 65 Pemilih dengan rincian Pemilih laki-laki 45 pemilih dan pemilih perempuan 20 pemilih.

Dikatakan, secara keseluruhan daftar Pemilih tetap tingkat Kabupaten Ende baik DPT HP 2 maupun DPTb yang sudah ditetapkan KPUD Ende sebelumnya 168.266 menjadi 168.292 pemilih atau mengalami penambahan jumlah pemilih sebanyak 26 pemilih.

Menurut Frans, meskipun daftar pemilih Tambahan (DPTB) sudah ditetapkan namun bagi pemilih yang belum terakomodir dalam DPT HP 2 maupun DPTb akan diakomodir kembali dalam daftar pemilih kusus karena saat ini petugas masih melakukan penyisiran di semua TPS yang ada.

Dikatakan sesuai jadwal maupun tahapan serta program pemilu, KPU akan menggelar rapat pleno penetapan daftar pemilih khusus (DPK) pada tanggal 10 Maret 2019 mendatang.

Oleh karena itu, KPU Ende berharap, warga Kabupaten Ende yang merasa belum terakomdir dalam DPT maupun DPtb segera mendaftarkan diri sehingga bisa terakomdir menjadi pemiilih.

“Kita tidak ingin ketika pada saat dilangsungkan Pemilu ada warga yang komplain karena tidak terdaftar untuk ikut dalam pencoblosan maka dengan demikian kami berharap agar bagi yang merasa belum terdaftar menjadi pemilih agar segera mendaftarkan diri mereka,”kata Frans Lotar Piara.

Panwas Sumba Barat Belum Keluarkan Rekomendasi Pemilih Tambahan

KPU Sumba Tengah Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi dan Penetapan Daftar Pemilih Tambahan

Frans berharap dalam pelaksanaan Pemilu kali ini partsipasi masyarakat Kabupaten Ende lebih tinggi dibandingkan dengan pelaksanaan Pemilu sebelumnya.

Frans mengatakan, Pemilu adalah bagian dari demokrasi maka untuk menyukseskan pesta demokrasi tersebut diharapkan adanya partsipasi aktif dari semua masyarakat yang telah memiliki hak pilih.

“Pemilu adalah pesta demokrasi lima tahun sekali maka jangan lewatkan kesempatan tersebut karena pesta demokrasi tersebut menentukan nasib demokrasi bangsa,” ujar Frans. (*)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved