Ini Titik Kerawanan Pemilu yang Dikuatirkan Bawaslu Kupang

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kupang mengkuatirkam titik kerawanan dugaan manipulasi suara di tingkat PPS

Ini Titik Kerawanan Pemilu yang Dikuatirkan Bawaslu Kupang
POS-KUPANG.COM/EDY HAYONG
Panwaslu Kabupaten Kupang 

Ini Titik Kerawanan Pemilu yang Dikuatirkan Bawaslu Kupang

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong

POS-KUPANG.COM I OELAMASI- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kupang mengkuatirkam titik kerawanan dugaan manipulasi suara di tingkat PPS.

Dengan lima kertas suara yang akan dicoblos pada pemilu nanti, maka pengawasan akan betul-betul cermat.

Untuk itu, Bawaslu akan menyampaikan ke KPU setempat agar dalam proses penentuan PPS dan saksi dari para caleg betul-betul independen tanpa ada boncengan kepentingan.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga, Maria Yulita Sarina, didampingi anggota Komisioner, Imelda Patrice Jaqualin Daly, menyampaikan hal ini pada pertemuan terbatas dengan elemen terkait di Bawaslu Kabupaten Kupang, Rabu (20/2/2019).

Pengawasan Partisipasi Efektif Cegah Pelanggaran Pemilu\

Sebut Kepemilikan Lahan Prabowo Sebagai Pelanggaran Pemilu, Jokowi Dilaporkan ke Bawaslu

Pernyataan Maria Yulita ini menanggapi pertanyaan POS KUPANG.COM terkait kekuatiran banyak pihak soal manipulasi suara di saat perhitungan suara karena akan memakan waktu cukup lama dengan lima surat suara.

Maria mengatakan, kekuatiran warga ini sudah terpikirkan oleh Bawaslu karena peluang untuk dilakukan permainan dugaan manipulasi suara bisa saja terjadi ketika perhitungan suara.

Beragam trik bisa dimainkan oleh oknum tertentu dengan mengintimidasi saksi-saksi ataupun upaya kerjasama dengan PPS. Kondisi seperti ini akan menjadi catatan khusus untuk diperhatikan bawaslu.

"Kami juga punya kekuatiran seperti ini bahwa permainan manipulasi suara bisa saja terjadi di PPS. Dengan lima surat suara dan caleg begitu banyak ada dugaan terjadi kecurangan. Makanya ini jadi masukan buat kami untuk diperhatikan," kata Maria.

Dia menambahkan, upaya yang akan dilakukan adalah mengingatkan KPU agar dalam menyeleksi PPS supaya dilihat betul integritasnya.

Ini Potensi Pelanggaran Pemilu 2019

Bawaslu Masih Selidiki Dugaan Pelanggaran Pemilu Calon Presiden Joko Widodo

Jangan sampai anggota PPS berafiliasi dengan oknum caleg tertentu sehingga melakukan upaya yang tidak halal.

"Kita akan minta supaya PPS diberikan penguatan kapasitas. Kamipun akan meminta teman-teman panwas untuk kawal betul. Kami akan lakukan penguatan juga pada semua panwas. Kami juga minta kepada kalangan media juga elemen terkait lain untuk sama-sama memantu pada saat perhitungan suara," harap Maria.

Penulis: Edy Hayong
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved