Terkait SPT: Kepala KPP Pratama Kupang Akui Ada Perubahan Signifikan

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kupang sementara tengah gencar melakukan penjemputan bola untuk pengisian SPt Tahunan bagi Wajib Pajak menggunaka

Terkait SPT: Kepala KPP Pratama Kupang Akui Ada Perubahan Signifikan
pos kupang.com, adiana ahmad
Kepala KPP Pratama Kupang, Moch.Lukman Hakim

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kupang sementara tengah gencar melakukan penjemputan bola untuk pengisian SPt Tahunan bagi Wajib Pajak menggunakan e-filling.

Hal ini dilakukan agar tidak terjadi penumpukan ketika mendekati batas akhir pelaporan SPt Tahunan.

KPP Pratama Kupang, M Luqman Hakim ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (19/2/2019), mengakui dengan adanya jemput bola yang dilakukan oleh KPP Pratama Kupang terjadi perubahan yang signifikan dalam hal pelaporan SPt Tahunan.

"Banyak instansi dan pegawai sangat antusias ketika petugas datang untuk melakukan pengisian SPt bersama secara elektronik. Akhirnya kita bisa melihat secara statistik tingkat partisipasi dari 26 Satker yang disasar karena sudah mulai banyak yang melakukan pelaporan," tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, WP yang datang ke KPP Pratama Kupang pun sudah mulai berkurang.

BREAKING NEWS: Kristina Tewas Seketika di Gilas Truk di Jalan Mohammad Hatta-Ruteng

Luqman mengatakan akan ada 26 Satker yang disasar oleh KPP Pratama Kupang. Saat ini memang belum semua Satker didatangi. Namun petugas tengah berupaya keras di lapangan untuk menyasar Satker-Satker tersebut. Setelah Satker maka akan dilanjutkan dengan UMKM.

"Kita akan bekerja sama dengan perbankan dan pihak asosiasi untuk mengisi SPt bersama. Untuk perbankan kita akan jemput bola bagi nasabah prioritas dan kredit. Kita akan berikan bimbingan pengisian SPt seperti apa," tuturnya.

Menurutnya, semakin ke depan partisipasi WP untuk melakukan pengisian secara elektronik trennya semakin meningkat, sehingga WP tidak perlu lagi datang berdesak-desakan untuk melaporkak SPt di KPP Pratama Kupang.

Luqman didamping Operator Console, Krisno Widodo, menyampaikan ada 24.002 WP yang wajib SPt sasaran efiling, terdiri dari WP Badan 3.168, OP 1770, 3.150 dan OP 1770s, 17.684. Sedangkan realisasinya untuk badan 154, OP 1770, 259 dan OP 1770s, 4.964.

Ia menjelaskan ada WP dengan kriteria ss dan s. Bila WP ss maka penghasilannya di bawah Rp 60 juta sedangkan s, penghasilam wp di atas Rp 60 juta.

"Semua wajib pajak akan digarap ramai-ramai. Kita mulai sasar untuk ss dan s. Setelah ini akan fokus pada wajib pajak pribadi dan badan yang bekerja sama dengan asosiasi, perhimpunan ataupun kerukunan, untuk mengisi e form wp pribadi dan badan," ujarnya.

Diharapkan, semakin cepat wajib pajak melaporkan. Maka wajib pajak akan merasa semakin nyaman. Apalagi bila pelaporannya menggunakan efilling. (*)

SPt Online -- Operator Console, Krisno Widodo tengah mempraktekkan pengisian SPt secara online, di KPP Pratama Kupang, Selasa (19/1/2019).
SPt Online -- Operator Console, Krisno Widodo tengah mempraktekkan pengisian SPt secara online, di KPP Pratama Kupang, Selasa (19/1/2019). (Pos Kupang.Com/Yeniwaty)
Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved