Pemkab Belu Siap Menyambut Pembangunan Bedungan Welikis

Pemerintah pusat berencana membangun lagi satu bendungan besar di Kabupaten Belu, Provinsi NTT yakni, Bendungan Welikis, Desa Lookeu, Kecamatan Tasife

Pemkab Belu Siap Menyambut Pembangunan Bedungan Welikis
POS KUPANG/EDY BAU
Vincent Laka 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM,Teni Jenahas

POS KUPANG.COM| ATAMBUA--Pemerintah pusat berencana membangun lagi satu bendungan besar di Kabupaten Belu, Provinsi NTT yakni, Bendungan Welikis, Desa Lookeu, Kecamatan Tasifeto Barat.

Pemerintah Kabupaten Belu menyambut baik rencana pembangunan Bedungan Welikis. Persiapan yang sudah dilakukan Pemerintah Kabupaten Belu adalah menyediakan anggaran untuk biaya perhitungan nilai harga lahan yang akan dilakukan konsultan penilai harga atau appraisal.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kabupaten Belu, Vincent K Laka mengatakan hal itu kepada Pos Kupang.Com saat dikonfirmasi Selasa (19/2/2019).

Menurut Vincent, sesuai informasi dari Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II (BWS NT II), pemerintah pusat sudah mengalokasikan anggaran untuk studi kelayakan. BWS NT II sudah melakukan survey awal di lokasi bendungan Welikis termasuk survey luas genangan. Dari hasil survey ini akan diketahui berapa luas lahan yang dipakai untuk pembangunan bendungan tersebut.

BREAKING NEWS: Kristina Tewas Seketika di Gilas Truk di Jalan Mohammad Hatta-Ruteng

Menurut Vincet, pada prinsipnya Pemkab Belu siap mendukung agar pembangunan bendungan Welikis dapat terealisasi.

Dirjen SDA Kementerian PUPR, DR.Ir Hari Suprayogi, M.Eng yang dikonfirmasi Pos Kupang.Com saat acara pengisian awal (impounding) Bendungan Rotiklot di Desa Fatuketi, Kecamatan Kakuluk Mesak mengatakan, komitmenn pemerintah pusat pada masa kepemimpinan Jokowi-JK untuk membangun tujuh bendungan di Provinsi NTT harus jadi dan tuntas.

Dua bendungan sudah selesai dikerjakan yakni, bendungan Raknamo di Kabupaten Kupang dan Bendungan Rotiklot di Kabupaten Belu. Dua bendungan yang sedang dikerjakan yaitu, Bendungan Temef di Kabupaten TTS dan Bendungan Napun Gete di Kabupaten Sikka.

Sedangkan dua bendungan yang akan dibangun tahun 2019 adalah Bendungan Manikin di Kabupaten Kupang dan Bendungan Welikis di Kabupaten Belu.

"Bendungan Welikis kita percepat. Saat ini balai wilayah sungai masih lakukan survey di lokasi. Kalau sudah jadi, tahun 2019 kita tender dan kerja," kata Suprayogi.

Halaman
12
Penulis: Teni Jenahas
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved