Opini Pos Kupang

Jaga Kebersamaan Umat, Menjaga Indonesia

Maka, jaga kebersamaan umat sama dengan menjaga keutuhan NKRI. Sebagai ASN Kementerian Agama

Jaga Kebersamaan Umat, Menjaga Indonesia
Bendera Merah Putih 

Jaga Kebersamaan Umat, Menjaga Indonesia

Oleh JB Kleden
ASN Kementerian Agama

POS-KUPANG.COM - Masalah kebersamaan umat mendapat perhatian khusus Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin.

Setidaknya penetapan tema Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke-73 Tahun 2019 "Jaga Kebersamaan Umat" dan pencanangan Tahun 2019 sebagai Tahun Moderasi Keberagamaan Kementerian Agama, mencerminkan hal itu.

Tentunya perhatian khusus Menteri Agama ini punya target penting menghitung betapa rentannya kondisi kesatuan bangsa dari ancaman disintegrasi terutama di tahun politik ini di mana muncul banyak fenomena perang urat saraf yang berujung penistaan, caci maki, bahkan kekerasan fisik yang dibungkus dengan agama.

Unicorn, Arti dan Maksud serta Penjelasan Lengkapnya

BERITA POPULER Drakor Encounter Keluarga Mahasiswa Unwira Tolak Autopsi & Bripda Puput Resmi Mundur

Konser di Jepang, Kecelakaan Kecil Terjadi Saat Jungkook dan V BTS Angkat Tubuh Jin: ARMY Khawatir

Maka, jaga kebersamaan umat sama dengan menjaga keutuhan NKRI. Sebagai ASN Kementerian Agama, artikel ini lebih pantas dilihat sebagai sebuah catatan insider bagi upaya moderasi kebersamaan umat yang dilakukan Kementerian Agama.

Membangun Kebersamaan

Indonesia adalah sebuah negara yang dibentuk melalui kompromi berbagai kelompok, termasuk kelompok agama. Risalah perdebatan antara kelompok agama dan nasional mengenai dasar negara dalam sidang BPUPKI membenarkan hal ini.

Fakta ini mengindikasikan bahwa denyut nadi kehidupan bangsa dan Negara sedikit banyaknya ditentukan oleh relasinya dengan agama dan relasi antar umat beragama.

Karena itu dalam sejarah kita selalu berusaha menanamkan kesadaran, mengembangkan kecakapan, menata aturan dan menciptakan struktur yang membantu kita menyelenggarakan kehidupan yang rukun dalam suasana kebebasan.

Halaman
1234
Editor: Putra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved