Centra Gakkumdu Tindaklanjuti Temuan Pelanggaran Kampanye

Centra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kabupaten Kupang menindaklanjuti hasil temuan dugaan pelanggaran kampanye di Kabupaten Kupang.

Centra Gakkumdu Tindaklanjuti Temuan Pelanggaran Kampanye
POS KUPANG.COM/: Edi Hayong
Ketua Bawaslu Kabupaten Kupang, Martony Reo bersama anggota komisioner  juga Koordinator Centra Gakkumdu ketika memberikan keterangan di Bawaslu, Senin (18/2/2019) 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong

POS KUPANG.COM I OELAMASI---Centra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kabupaten Kupang menindaklanjuti hasil temuan dugaan pelanggaran kampanye di Kabupaten Kupang.

Dugaan pelanggaran dilakukan oknum calon legislatif (caleg) DPRD Kabupaten Kupang dari PDIP ini ditemukan panwas di Desa Oh Aem, Kecamatan Amfoang Selatan. Hasil laporan itu kemudian dibahas tim Centra Gakkumdu dan ada bukti kuat terjadi dugaan pelanggaran tindak pidana sehingga siap dilimpahkan ke Polres Kupang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kupang yang juga Koordinator Divisi Penindakan, Martony Reo, menyampaikan hal ini kepada wartawan di Oelamasi, Senin (18/2/2019). Turut mendampingi, Koordinator Centra Gakkumdu, IPTU Daeng Djumadi, juga tiga komisioner Bawaslu Kupang.

Martony mengatakan, terkait pelaksanaan kampanye pemilu 2019 di Kabupaten Kupang, pihaknya mendapat laporan dari Panwas Desa Oh Aem di Kecamatan Amfoang Selatan bahwa pada tanggal 18 Januari 2019, oknum caleg DPRD Kabupaten Kupang dari PDIP, diduga melakukan pelanggaran kampanye. Dugaannya, oknum caleg bersangkutan membagikan listik solar cell kepada warga pemilih di desa setempat.

Terhadap temuan itu, panwas desa menyampaikan laporan ke Bawaslu Kabupaten Kupang dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Dikatakannya, laporan itu kemudian disampaikan ke Centra Gakkumdu Kabupaten Kupang yang unsur didalamnya dari Polres Kupang,  Kejaksaan Negeri Kabupaten Kupang dan Bawaslu.

Tim kemudian melakukan penyelidikan di lapangan untuk mengumpulkan bahan dan keterangan selama kurun waktu 14 hari kerja.

"Dari hasil penyelidikan ini, dugaan pelanggaran memenuhi unsur sesuai pasal yang dikenakan. Makanya centra gakkumdu akan menindaklanjuti dengan melimpahkan penyidikan lebih lanjut oleh penyidik di Polres Kupang,"  katanya.

Diduga Terkait Narkoba Bendahara PUPR  Sikka  Dicopot 

Daeng Djumadi menambahkan, langkah yang dilakukan ini merupakan hasil kerjasama tim centra gakkumdu setelah mengumpulkan bukti-bukti di lapangan. Dari hasil penyelidikan ternyata dugaan pelanggaran kampanye  berdasarkan laporan panwas desa memenuhi unsur pidana.

"Setelah kita selidiki ada dugaan unsur pelanggaran sehingga kita akan segera limpahkan ke penyidik di Polres Kupang. Nanti proses lebih lanjutnya terkait penyidikan akan dibuka secara transparan soal oknum pelaku, siapa-siapa terlibat dan apa modus operandinya akan dijelaskan pihak polres nanti," katanya. (*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved