Ratusan Hektar Sawah Di Maurole Terendam Air

Ratusan hektar sawah di Kecamatan Maurole terutama di Desa Ranakolo dan Desa Keliwumbu digenangi air menyusul hujan yang turun terus menerus

Ratusan Hektar Sawah Di Maurole Terendam Air
POS KUPANG/ROMOALDUS PIUS
Fransiskus Mariwumbu 

Ratusan Hektar Sawah Di Maurole Terendam Air

POS-KUPANG.COM|ENDE--Ratusan hektar sawah di Kecamatan Maurole terutama di Desa Ranakolo dan Desa Keliwumbu digenangi air menyusul hujan yang turun terus menerus dalam beberapa waktu terakhir.

Padahal sawah tersebut baru ditanam oleh para pemiliknya sekitar 1 minggu yang lalu.

Warga Desa Ranakolo,Fransiskus Mariwumbu kepada Pos Kupang.Com, Kamis (14/2/2019) mengatgakan bahwa dalam beberapa pekan terakhir hujan turun dengan intensitas yang tinggi di daerah Maurole dan sekitarnya.

Kondisi demikian membuat sawah warga yang barusan ditanam digenangi air sehingga mengakibatkan padi terancam mati karena digenangi air yang melebihi kapasitas lahan sawah.

Terhadap kondisi tersebut, Fransiskus mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Ende dalam hal ini Dinas Pertanian agar bisa membantu warga dengan mengadakan mesin sedot air sehingga warga bisa mengalirkan air yang ada didalam sawah untuk dibuang ke saluran pembuangan.

Hasil Liga Champions - Ajax Gagal di Kandang Sendiri, Real Madrid Menang 2-1

Waspada, Fintech Ilegal dari Cina, Rusia dan Korea Selatan Operasi di Indonesia

Teenager: Cie, Yang Pas Hari Valentine Diajak Muter-Muter Sama Kipas Angin, Jomblo Ya

Menurutnya warga bisa saja membuang air dengan cara manual namun yang menjadi masalah adalah hampir semua lahan sawah tergenang air begitupun daerah di sekitarnya dalam kondisi rata sehingga air nyaris menggenangi semua wilayah.

Cara yang paling efektif menurutnya adalah dengan mengadakan mesin penyedot air sehingga air yang ada didalam sawah bisa dibuang lebih jauh dari lokasi sawah yang telah tergenang air.

Fransiskus mengatakan apabila kondisi yang ada dibiarkan terus sementara hujan terus saja turun dengan intensitas yang tinggi maka bukan tidak mungkin sawah warga yang baru ditanam tersebut terancam mati.

Camat Maurole, Lenon Fransiskus mengakui bahwa saat ini curah hujan di Kecamatan Maurole memang cukup tinggi.

Polisi Jagat Ketat Acara Pelatikan Bupati dan Wakil Bupati, Larang Bawa Tas ke Ruang Pelantikan

Walikota Kupang Lantik Empat Pengawas SD, Bangun Komunikasi yang Baik

Hal ini menyebabkan tidak hanya sawah warga yang digenangi air namun juga permukiman warga dan sejumlah infrastruktur yang dibangun pemerintah juga mengalami kerusakan.(Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Romoaldus Pius)

Penulis: Romualdus Pius
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved