Pentingnya Pengolahan Lahan untuk HPT: Tanaman Pakan Juga Perlu Olah Lahan 

faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam usaha pemeliharaan ternak ruminansia adalah ketersediaan hijauan pakan ternak (HPT).

Pentingnya Pengolahan Lahan untuk HPT: Tanaman Pakan Juga Perlu Olah Lahan 
istimewa
Peserta pelatihan teknis Manajemen Hijauan Pakan Ternak berjumlah 30 orang yang terdiri dari penyuluh dan petugas melaksanakan praktek mengolah lahan hijauan pakan ternak. 

POS KUPANG.COM, KUPANG - Peserta pelatihan teknis Manajemen Hijauan Pakan Ternak berjumlah 30 orang yang terdiri dari penyuluh dan petugas melaksanakan praktek mengolah lahan hijauan pakan ternak.

Menurut Fabianus Keraf, SP ., M. Si Widyaiswara Muda di BBPP Kupang, Tujuan dari kegiatan praktek olah lahan adalah untuk melengkapi kurikulum, meningkatkan kompetensi bidang yang digeluti dan menambah pemahaman tentang pentingnya pengolahan lahan sebelum ditanami HPT.

Salah satu faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam usaha pemeliharaan ternak ruminansia adalah ketersediaan hijauan pakan ternak (HPT).

Ketersediaan hijauan pakan ternak harus selalu ada mengingat kebutuhan ternak ruminansia terhadap hijauan dalam bentuk segar adalah berkisar 10 – 15 % dari bobot badan hidup.

Pengembangan HPT terkendala dengan ketersediaan lahan, kalaupun ada lahan. Umumnya lahan marginal, karena lahan yang subur sudah digunakan untuk menanam tanaman pangan.

Kata Longginus Lengi, SP., MP, Lahan marginal ini memiliki karakterisitik kering, berbatu, tandus dan mudah longsor, atau dengan kata lain lahan marginal adalah lahan yang tidak subur.

Tingkat kesuburan tanah sangat berpengaruh terhadap produksi HPT. Produksi HPT harus terus ditingkatkan sejalan dengan program pengembangan swasembada daging yang telah dicanangkan oleh pemerintah dan harus didukung oleh semua stakeholder.

Untuk itu pengembangan tanaman hijauan pakan ternak tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan ternak secara pribadi namun diupayakan untuk dapat diperdagangkan (Agribisnis HPT), sehinggga dalam pengelolaannya harus dilakukan sebaik mungkin terutama pada saat persiapan lahan.

Apabila persipan lahan dilakukan dengan baik dan benar, maka pertumbuhan, produksi dan kualitas dari hijauan pakan ternak akan baik pula.

Tujuan dilaksanakanya persiapan lahan adalah untuk memperbaiki kondisi, struktur lahan (tanah), aerasi dan keadaan mikroba tanah sehingga tanah akan menjadi lebih gembur dan subur. Persipan lahan yang baik dan benar akan memberikan pertumbuhan, produksi dan kualitas hijauan pakan ternak yang baik. (*)

Peserta pelatihan teknis Manajemen Hijauan Pakan Ternak berjumlah 30 orang yang terdiri dari penyuluh dan petugas melaksanakan praktek mengolah lahan hijauan pakan ternak.
Peserta pelatihan teknis Manajemen Hijauan Pakan Ternak berjumlah 30 orang yang terdiri dari penyuluh dan petugas melaksanakan praktek mengolah lahan hijauan pakan ternak. (istimewa)
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved