Salam Pos Kupang

Menata Kembali RPH Oeba

Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Oeba sudah tak layak karena fasilitas tersebut tidak memiliki saluran Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang baik

Menata Kembali RPH Oeba
POS-KUPANG.COM/RICKO WAWO
Instalasi pengelolaan limbah RPH Oeba yang sudah tidak berfungsi. 

Menata Kembali RPH Oeba

BERBICARA tentang wilayah Oeba, masyarakat NTT pada umumnya, dan masyarakat Kota Kupang khususnya teringat akan keunikan wilayah ini.

Pasalnya, pada dekade tahun 70-an, Oeba menjadi penyanggah air minum bersih bagi masyarakat di wilayah Kota Kupang dan sekitarnya.

Mata Air Oeba selain dimanfaatkan sebagai sumber air bersih bagi masyarakat, tetapi limpasan air Oeba juga dimanfaatkan untuk kebutuhan fasilitas Rumah Potong Hewan (RPH) Oeba yang berjarak puluhan meter saja dari sumber mata air Oeba.

Seiring perkembangan wilayah Kota Kupang serta laju pertumbuhan penduduk yang cukup pesat, maka keberadaan RPH Oeba perlu dilakukan evaluasi oleh pemerintah bersama para pengguna RPH tersebut, baik terkait proses pemotongan hewan maupun penanganan limbahnya.

Hal ini perlu dilakukan karena proses pemotongan dan penanganan limbahnya sudah menjadi keluhan warga. Sehingga tidaklah heran ada masyarakat yang meminta agar RPH tersebut ditinjau kembali keberadaannya.

Selain bangunan fasilitas RPH Oeba sudah dikeliling permukiman padat penduduk, namun RPH Oeba juga berdampingan dengan fasilitas umum, yakni Sekolah Dasar Negeri 3 Oeba. Tidak hanya itu, fasilitas ini juga berdekatan dengan lokasi TPI Oeba dan Pasar Oeba.

Kondisi ini tentu telah menimbulkan sejumlah keluhan bagi masyarakat sekitar. Keluhan warga pun diperkuat dengan pernyataan Lurah Fatubesi, Kecamatan Kota Lama, Kota Kupang, I Wayan Gede Astawa.

Lurah Fatubesi menilai Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Oeba sudah tak layak karena fasilitas tersebut tidak memiliki saluran Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) yang baik.

Apa yang disampaikan lurah ada benarnya, karena pemimpin wilayah kelurahan tersebut tentu lebih tahu akan kondisi kewilayaan di kelurahan tersebut.

Halaman
12
Penulis: Ferry Ndoen
Editor: Ferry Jahang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved