Letkol Kav Suteja Terkesan Ende, Terharu  Saat Programnya Dinikmati Masyarakat

Letkol Kav Suteja SH, M.Si mengaku sangat berkesan selama mengemban amanat menjabat Dandim 1602 Ende. Ia bahkan mengaku terharu dan hampir menangis

Letkol Kav Suteja Terkesan Ende, Terharu  Saat Programnya Dinikmati Masyarakat
POS-KUPANG.COM/RYAN NONG
Letkol Kav Suteja SH,M.Si saat di Makorem 161 Wirasakti Kupang pada Rabu (13/2/2019) 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Ryan Nong

POS-KUPANG.COM | KUPANG -- Letkol Kav Suteja SH, M.Si mengaku sangat berkesan selama mengemban amanat menjabat Dandim 1602 Ende. Ia bahkan mengaku terharu dan hampir menangis saat program program yang dilaksanakannya diapresiasi dan dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat.

“Sangat berkesan, saya merasa sangat menyenangkan selama bertugas di Ende sebagai Komandan Kodim 1602/Ende,” ujarnya saat diwawancarai POS-KUPANG.COM usai Sertijab Dandim 1602/Ende di Makorem 161/Wirasakti Kupang pada Rabu (13/2/2019).

Terhadap program-program yang dilakukan, ia mengungkapkan rasa syukurnya karena seluruh program tersebut diapresiasi oleh masyarakat. Mulai dari Program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) pada tahun 2017 hingga program Listrik Mandiri Tentara Rakyat Ende (LimaTere).

Korem 161 Wirasakti Kupang Canangkan Pembangunan ZI menuju WBK/WBBM  

Program TMMD 2017 dikatakannya, dilakukan dengan membuka jalan dari Desa Pemo ke Desa Tenda yang jaraknya lebih dari delapan kilometer.

Demikian pula saat program LimaTere, dimana Kodim 1602 Ende menginisiasi dan mengeksekusi listrik rumah tangga dengan menggunakan aki dan lampu LED sebanyak lima buah untuk satu rumah tangga untuk wilayah yang tidak terjangkau listrik PLN.

“Untuk program pembukaan jalan, masyarakat luar biasa antusias, karena begitu jalan dibuka, orang-orang yang sebelumnya pindah ke desa desa lain memutuskan kembali untuk pulang ke kampung. Demikian pula saat program LimaTere, testimoni warga sangat mengharukan. Ada yang baru melihat lampu listrik selama 27 tahun hidupnya, itu membuat saya hampir menitikkan air mata,” kenangnya.

Perwira yang akan melanjutkan tugas dan karirnya di Mabes TNI Angkatan Darat sebagai Pabandya-1/Progdalwasgar Spaban 1/Ten Steradi ini berterima kasih kepada pemerintah kabupaten Ende dan Forkompinda serta jajaran dan masyarakat yang memberikan dukungan selama 31 bulan menjabat Dandim.

“Saya mengucapkan terima kasih atas dukungan dari bapak Bupati, Kapolres, Kajari, Kepala PN yang bersinergi dalam Forkompinda serta jajaran anggota baik dari jajaran TNI-Polri serta komponen masyarakat lain yang membantu dalam melaksanakan tugas teritorial,” katanya.

Kabandia 1 Staf Teritorial Angkatan Darat ini juga memohon pamit sekaligus memohon doa restu untuk tugas dan tanggung jawab di tempat yang baru.

“Saya beserta keluarga mohon pamit, mohon maaf apabila ada kesalahan dan kekurangan. Kepada warga masyarakat Ende, kami senang dan bangga. Saya akan melaksanakan tugas baru di Mabes TNI, mohon doa restunya agar dapat melaksanakan tugas dengan baik, lancar dan sukses,” ujarnya.

Ia memberi catatan selama pengabdiannya agar catatan tersebut dapat ditingkatkan oleh komandan yang baru. Catatan tersebut dikatakannya,  terkait sinergitas antar instansi agar dimantapkan lagi. Ia juga berpesan agar pengabdian berbasis ketulusan hati untuk Ende yang lebih maju, baik dan sejahtera.

“Selama ini sudah baik namun masih perlu ditingkatkan lagi,” pungkasnya.

Jabatan Komandan Kodim 1602/Ende secara resmi diserahterimakan dari Letkol Kav Suteja SH,M.Si kepada Letkol Inf Mochamad Fuad Suparlin SIP,M.Tr (Han) yang sebumnya menjabat Dandodiklatpur Rindam IX/Udayana.

Selain Komandan Kodim 1602/Ende, pada saat yang sama juga dilaksanakan serah terima jabatan untuk Komandan Kodim 1618/TTU, yakni Letkol Arm Roni Junaidi menggantikan Letkol Arm Budi Wahyono SH. (*)

Penulis: Ryan Nong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved