Remigius Nalas: Setiap Desa di Manggarai Harus Membentuk BUMDes

Remigius Nalas, S.Sos,M.Si adalah salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manggarai yang kini maju lagi sebagai caleg dari

Remigius Nalas: Setiap Desa di Manggarai Harus Membentuk BUMDes
Pos Kupang.com/Aris Ninu
-Remigius Nalas, S.Sos,M.Si aggota DPRD Kabupaten Manggarai maju kembali sebagai caleg dari Partai Gerindra Manggarai 

POS KUPANG.COM -Remigius Nalas, S.Sos,M.Si adalah salah satu anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Manggarai yang kini maju lagi sebagai caleg dari Partai Gerindra Manggarai.

Latar belakang pendidikan magister mendorongnya berkosentrasi pada pembangunan desa.

Sebagai orang yang berbasis pendidikan pembangunan desa, Remigius yang maju dari Dapil 4 Manggarai meliputi Kecamatan Cibal, Cibal Barat, Reok dan Reok Barat sangat mengharapkan agar kehadiran dana desa dapat menjadi salah satu faktor untuk membantu perubahan desa.

Mantan dosen pada Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat St. Ursula Ende yang ditemui Pos Kupang di Ruteng, Selasa (12/2/2019) siang, mengatakan kehadiran dana desa membawa dampak positif bagi masyarakat.

Dengan kehadiran dana desa, masyarakat tidak bergantung dengan pemerintah daerah atau pun pusat. Intinya pengelolaan dana itu harus berasas pada kebijakan umum.

Alumnus SMPN 2 Ruteng itu menambahkan, terkait perubahan pemberdayaan masyarakat desa harus dikelola sesuai manajemen pembangunan desa. Remigius mengharapkan setiap desa harus memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Remigius yakin akan kehadiran BUMDes di desa dapat memberikan angin segar bagi masyarakat desa.

Kehadiran BUMDes pula dapat meningkatkan pendapatan desa. BUMDes juga hadir sebagai salah satu cara pemerintah desa untuk menyediakan lapangan pekerjaan bagi mereka yang memiliki kapabilitas dalam mengelola aset desa tersebut.

Pria kelahiran Barang, Desa Barang, Kecamatan Cibal, 25 Januari 1982 itu mengatakan, tujuan adanya BUMDes di setiap desa demi meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat desa.

Remigius selaku anggota DPRD Kabupaten Manggarai, mengakui memang BUMDes secara undang-undang belum memiliki produk hukumnya.

Remigius sangat mengharapkan kebijakan kepala daerah melalui kepala desa untuk segera dibentuk badan usaha milik desa tersebut.

Sebagai sosok pribadi yang sederhana dan integritas, Remigius meyakinkan bahwa nantinya akan terbentuk produk hukum terkait badan usaha milik desa.

Dirinya berharap setiap kepala desa membentuk dan merealisasikan aset BUMDes untuk pertumbuhan ekonomi desa.

Remigius yang pernah mengabdi sebagai staf Lembaga Sosial Masyarakat Wahana Visi Indonesia itu, meyakinkan bahwa kehadiran dana desa di setiap desa di seluruh Indonesia pastinya membawa dampak positif bagi perkembangan desa, khususnya dalam perubahan infrastruktur dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. (*)

Penulis: Aris Ninu
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved