Berita Kesehatan

Orang Tua Harus Tahu, Amankah Telur untuk Anak yang Alergi

Telur kaya akan kandungan protein, karena itu sangat disarankan mulai mengenalkannya sejak si kecil berumur enam bulan.

Orang Tua Harus Tahu,  Amankah Telur untuk Anak yang Alergi
ils/hipwee
Amankan telur bagi anak 

POS-KUPANG.COM|KUPANG- Telur kaya akan kandungan protein, karena itu sangat disarankan mulai mengenalkannya sejak si kecil berumur enam bulan. Lantas, amankah telur untuk anak yang memiliki alergi?

Ahli Gizi dari FKUI RSCM, dr. Saptawati Bardosono menyebutkan anak-anak sudah bisa dikenalkan dengan telur ayam sejak umur enam bulan atau saat sudah mulai memasuki tahapan Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Nah untuk menghindari alergi pada anak, saat memberikan telur ayam sebaiknya bagian kuningnya saja.

Data Terakhir, Ini Jumlah Sekolah di Provinsi NTT yang Mengikuti UNBK 2019

Menurutnya bagian putih pada telur karena kandungan proteinnya lebih banyak. "Sumber protein paling bagus sebenarnya telur, anak itu mulai diajarkan makan telur tuh mulai kuningnya mulai enam bulan kuning udah boleh dicobain," papar dr. Saptawati saat ditemui di Jakarta Pusat, Jumat (8/2/2019).

Untuk porsinya anak-anak cukup mengonsumsi satu telur perharinya, dan jenis telurnya apa saja, tidak harus telur ayam broiler. "Cukup sih anak sehari konsumsi satu telur. Telur ayam kampung atau sebagainya sama saja," kata dr. Saptawati.

Selain protein, telur ayam juga mengandung zat lainnya yang baik untuk pertumbuhan anak seperti kalsium, vitamin D, maupun kalsium.

"Kalau yang kuning kolesterolnya banyak butuh kolesterol, selain itu vitaminya D-nya banyak, kalsiumnya banyak," tutur dr. Saptawati.

Rising Star Indonesia, Live Streaming RCTI Malam Ini, 8 Kontestan Bertarung di Wild Card

Selain kelezatan rasanya, telur banyak disuka karena kandungan gizi di dalamnya. Salah satu sumber protein ini pun menghiasi daftar belanjaan para ibu demi memenuhi kebutuhan gizi keluarga. Telur yang relatif gampang diolah seolah menjadi menu favorit keluarga.

Telur goreng yang praktis kerap jadi pilihan menu keluarga. Nah, bagaimana cara mengolah telur goreng yang sehat? Jika Anda termasuk yang suka telur goreng yang kering, wajib baca trik dari ahli gizi.

Apakah menggoreng telur mata sapi sampai kering di bagian pinggir bisa mengurangi kandungan proteinnya?

IRT yang Sedang Hamil 8 Bulan Ini Diancam Penjara 5 Tahun karena Aniaya Bocah 7 Tahun

Ahli gizi sekaligus dosen Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Surabaya, Eny Sayuningsih SKM M.Kes mengungkapkan bahwa menggoreng telur mata sapi sampai kering di bagian pinggir tidak mengurangi kandungan protein dalam telur.

Hanya saya, tutur Eny Sayuningsih, itu menjadi susah dicerna. "Sebenarnya tidak mengurangi proteinnya. Hanya saja kalau terlalu kering sampai misalnya keriting, jadi sulit dicerna," jelasnya.

SEMAU GEMPAR Ada Tulisan 2020 di Hati Ayam yang Baru Disembelih

Apabila susah dicerna, maka manfaat pada telur yang diserap menjadi lebih sedikit. Oleh karena itu, Eny Sayuningsih menyarankan untuk menggoreng telur mata sapi 3/4 matang saja. (*)

Penulis: PosKupang
Editor: Apolonia Matilde
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved