Berita Ekonomi Bisnis

Ini Yang Dilakukan Direktur Panas Bumi di PLTP Mataloko

Direktur Panas Bumi Ditjen EBTKE Kementerian ESDM, Ida Nurhatin Finahari melakukan kunjungan ke PLTP Mataloko

Ini Yang Dilakukan Direktur Panas Bumi di PLTP Mataloko
PLN UIW NTT untuk POS-KUPANG.COM
Direktur Panas Bumi Direktur Panas Bumi Ditjen EBTKE Kementerian ESDM, Ida Nurhatin Finahari di Mataloko 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Hermina Pello

POS-KUPANG.COM | BAJAWA- Direktur Panas Bumi Ditjen EBTKE Kementerian ESDM, Ida Nurhatin Finahari melakukan kunjungan ke PLTP Mataloko.

Tujuan dari kunjungan ke PLTP Mataloko adalah untuk memastikan untuk kajian bersama untuk tambahan uap dan mengaktifkan unit eksisting yang sudah ada. Kunjungan lapangan ke Wilayah Kerja Pengembangan Mataloko, pada Jumat (8/2/2019).

"Kami datang kesini bersama badan geologi memastikan wilayah ini bisa dilakukan kajian bersama PLN gas dan geothermal untuk mengupayakan tambahan uap dan mengaktifkan kembali unit eksisting 1x2,5 MW" ujar Ida melalui rilis yang diterima dari Manajer Komunikasi PLN UIW NTT, Sulistyoadi Nikolaus, Sabtu (9/2/2019).

PLTP Mataloko
PLTP Mataloko (PLN UIW NTT untuk POS-KUPANG.COM)

Menurut Ida, konsentrasi saat ini yakni akan melakukan percepatan proses pengalihan pengelolaan aset di WKP Mataloko sesuai rekomendasi yang diatur dalam PMK No. 57 tahun 2016 ke PT PLN (Persero).

Ia juga meminta dari pemda dan masyarakat Ngada dapat memberikan dukungan penuh kepada PLN terkait penanganan masalah lingkungan, sosial , perizinan dan pengembangan lanjutan PLTP Mataloko.

Foto bersama direktur Panas Bumi Ditjen EBTKE Kementerian ESDM, Ida  Nurhatin Finahari di Mataloko
Foto bersama direktur Panas Bumi Ditjen EBTKE Kementerian ESDM, Ida Nurhatin Finahari di Mataloko (PLN UIW NTT untuk POS-KUPANG.COM)

General Manager PLN Unit Induk Wilayah NTT, Ignatius Rendroyoko yang didampingi oleh Manajer Unit Pelaksana Pembangkit NTT, Heny Setyo Handoko menyampaikan terima kasih atas dukungan masyarakat Mataloko dan sebagai bentuk kompensasi untuk masyarakat lahan seluas 4,9 Ha pada 31 Oktober 2018.

 Menurutnya, pertemuan dan kunjungan ini prinsipnya adalah bersama-sama mencari solusi untuk potensi panas bumi ini karena Flores di NTT ini sebagai Geothermal Island yang bisa dioptimalkan bermanfaat untuk masyarakat dan bangsa dan kedepannya.

Upaya -upaya pengoptimalannya adalah dengan pembangunan PLTP 2 x 10 MW (sumur baru) ditambah 1x 2,5 MW yang eksisting dan ditargetkan operasi tahun 2023.

"Kami terima kasih dan kami berharap PLTP ini bisa aktif kembali agar nantinya banyak pengusaha datang dan perekonomian bisa terangkat, kami juga ingin kalau bisa agar diakomodir adanya pemasangan lampu jalan di area PLTP Mataloko ini," kata Kepala Desa Ulubelu, Kabupaten Ngada dalam pertemuan itu. (*)

Untuk info terkini pln, rekrutmen , kita akan infokan melalui

Ig : pln_ntt
Fb : pln Wilayah Nusa tenggara Timur
YouTube: pln unit Induk Wilayah Nusa tenggara Timur

Penulis: Hermina Pello
Editor: Hermina Pello
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved