Kesehatan

Hasil Penelitian - Obesitas Jadi Pemicu Utama Kanker pada Orang Dewasa Muda, Ini Solusinya

Kanker apa pun jenisnya lebih sering muncul pada orang dewasa muda. Para peneliti percaya obesitas adalah faktor yang harus disalahkan.

Hasil Penelitian - Obesitas Jadi Pemicu Utama Kanker pada Orang Dewasa Muda, Ini Solusinya
Kolase pos-kupang.com
Obesitas menjadi faktor pemicu utama kanker. 

Para peneliti mengatakan obesitas tampaknya menjadi faktor utama. Jadi, apa yang bisa dilakukan?

POS-KUPANG.COM - Kanker apa pun jenisnya lebih sering muncul pada orang dewasa muda. Para peneliti percaya obesitas adalah faktor yang harus disalahkan.

Dilansir pos-kupang.com dari Healthline, sebuah studi komprehensif yang diterbitkan minggu kemarin menemukan bahwa 6 dari 12 jenis kanker yang diperkirakan akibat kelebihan berat badan secara signifikan menjadi lebih umum di antara mereka yang berusia di bawah 50 tahun.

Terlebih lagi, semakin muda pasien, semakin banyak kanker tertentu.

Temuan yang dipublikasikan dalam The Lancet Public Health, mencatat peningkatan yang signifikan dalam kejadian multiple myeloma - kanker langka yang menyerang sumsum tulang - bersama dengan kanker kolorektal, rahim, kandung empedu, ginjal, dan pankreas.

Obesitas juga dikaitkan dengan kanker lambung, hati, payudara, ovarium, kerongkongan, dan tiroid.

Para penulis studi mengatakan pekerjaan mereka adalah yang pertama sejak pertengahan 1990-an untuk meninjau tren dalam kejadian 12 kanker yang berhubungan dengan obesitas ini. Mereka membandingkannya dengan 18 kanker lain di antara orang dewasa yang lebih muda.

Tim meninjau data selama 20 tahun tentang kanker tersebut, mempelajari informasi dari registrasi negara pada pasien yang berusia 25 hingga 84 tahun.

Mereka menemukan lebih dari 14 juta kasus yang didiagnosis dari 1995 hingga 2014 untuk 30 jenis kanker.

"Apa yang membuat studi ini relevan adalah bahwa ini sangat besar," kata Dr. Anton Bilchik, seorang profesor bedah dan kepala kedokteran di John Wayne Cancer Institute di California Amerika Serikat.

Halaman
1234
Penulis: Agustinus Sape
Editor: Agustinus Sape
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved