Bawaslu Ingatkan ASN dan Kepala Desa Soal Money Politics

Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Kabupaten Kupang mengingatkan aparatur sipil negara ( ASN) dan Kepala Desa soal Money Politics pada Pemilu 2019.

Bawaslu Ingatkan ASN dan Kepala Desa Soal Money Politics
POS-KUPANG.COM/Edi Hayong
Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi, Adam Horison Bao 

POS-KUPANG.COM | OELAMASI - Badan Pengawas Pemilu ( Bawaslu) Kabupaten Kupang mengingatkan aparatur sipil negara ( ASN) dan Kepala Desa soal Money Politics pada Pemilu 2019.

Apabila ada keterlibatan ASN, Kepala Desa dan aparat desa maka Bawaslu tidak segan-segan menindak tegas pelaku atau mereka yang terlibat.

Ketua Bawaslu Kabupaten Kupang, Martony Reo, melalui Koordinator Divisi Hukum Data dan Informasi, Adam Horison Bao menyampaikan ini kepada POS- KUPANG.COM, Senin (11/2/2019).

Cegah Abrasi di Pantai Borong, Dinas PUPR Manggarai Timur Bangun Turap Pengaman

Adam menjelaskan, pada pelaksanaan hajatan politik biasanya sangat rawan dengan praktek money politic. Bawaslu selaku pengawas penyelenggaraan pemilu dituntut bekerja ekstra keras untuk memantau setiap pergerakan yang ada di lapangan.

Untuk itu, kata Adam, jauh-jauh hari pihaknya mewanti-wanti para ASN, kades maupun perangkat terkait lainnya untuk berhati-hati.

Tersesat Menuju Lokasi Pemandian, 23 Anggota Pramuka Ditemukan dalam Kondisi Lemas

"Kami mengimbau agar jangan pernah coba-coba melakukan hal tersebut. Sebab jika ditemukan dan terbukti maka kami tidak segan-segan untuk menindak tegas pelaku atau mereka yang terlibat. Bagi kami aturan pemilu harus ditegakan kepada siapa saja yang melanggar tanpa kompromi agar kita bisa menghadirkan demokrasi yang beradab di daerah ini," katanya.

Menurut Adam, sentra gakumdu Bawaslu Kabupaten Kupang sedang menangani beberapa dugaan pelanggaran pidana pemilu.

Hal ini menjadi bukti bahwa pihaknya serius mengawasi pemilu sehingga semua laporan dan temuan akan ditindaklanjuti sesuai mekanisme yang berlaku. Sehingga dirinya meminta masyarakat untuk tidak ragu-ragu melaporkan setiap dugaan pelanggaran kepada pengawas pemilu disetiap tingkatan.

"Instruksi kami kepada jajaran pengawas dibawah sehingga mereka akan melayani masyarakat yang melapor dengan profesional," ujar Adam.

Sebelumnya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kupang secara khusus mengundang instansi teknis untuk rapat khusus. Dalam rapat ini, agenda yang dibahas tentang penyelesaian beberapa persoalan teknis pelaksanaan kampanye pemilu 2019.

Pasalnya, dari hasil pemantauan lapangan dalam rentang waktu lima bulan kampanye pemilu, ditemukan banyak persoalan. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Edi Hayong)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved