Laskar Aquinas Gandeng Puskesmas Maubesi Adakan Penyuluhan Kesehatan

Keluarga Mahasiswa Katolik ( KMK) St. Thomas Aquinas FKM Undana Kupang menggelar Penyuluhan Kesehatan di Dusun 5 Seumbam, Desa Maubesi

Laskar Aquinas Gandeng Puskesmas Maubesi Adakan Penyuluhan Kesehatan
POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Suasana saat laskar Aquinas FKM Undana adakan Penyuluhan Kesehatan di Maubesi Kecamatan Insana Tengah Kabupaten TTU, Sabtu (9/2/2019). 

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU - Keluarga Mahasiswa Katolik ( KMK) St. Thomas Aquinas FKM Undana Kupang menggelar Penyuluhan Kesehatan di Dusun 5 Seumbam, Desa Maubesi Kecamatan Insana Tengah Kabupaten TTU, Sabtu (9/2/2019).

Laskar-laskar Aquinas sebutan untuk anggota KMK St. Thomas Aquinas FKM Undana Kupang itu tak sendirian melakukan sosialisasi saat itu.

Mereka menggandeng pihak Puskesmas Maubesi yaitu dua tenaga kesehatan dan Kepala Puskesmas Maubesi, Albertus E. M. Tori, S.ST.

Lurah Hambala Bersama Puluhan Anggota Pramuka Bhayangkara Bersihkan Sampah

Moderator saat penyuluhan itu adalah Qino Moreira dan materi penyuluhan yang sosialisasikan adalah tentang penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) yang lagi hangat diperbincangkan publik saat ini.

"Pada Sabtu, 9 Februari 2019, kami anggota KMK St. Thomas Aquinas menggelar penyuluhan DBD di Dusun 5 Seumbam, Insana Tengah bersama Kepala Puskesmas Maubesi dan 2 tenaga kesehatan pada pukul 13.50 Wita," ujar Qino, kepada POS KUPANG.COM, Minggu (10/2/2019).

Warga Desa Oebola Dalam Fatuleu Barat Dapat Pengobatan Gratis

Qino mengatakan, sebagai tenaga kesehatan harus gencar untuk melakukan penyuluhan mengenai DBD dan banyak melakukan kegiatan untuk menekan penyakit DBD.

Qino menambahkan, sebagai mahasiswa kesehatan masyarakat harus turun dan terlibat langsung dimasyarakat. Harus bisa mengaplikasikan ilmunya.

Menurutnya, mahasiswa tidak cukup belajar di kampus. Sebagai agen perubahan mesti bisa datang dan menyampaikan solusi kepada masyarakat bagaimana pola hidup bersih dan sehat sehingga masyarakat tetap sehat.

"Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti. Gejala yang timbul jika digigit nyamuk ini adalah mual muntah, Hb rendah, panas tinggi, wajah pucat, dan terdapat bintik merah pada lengan," ujarya.

Qino mengaku warga sangat antusias mengikuti kegiatan itu. Warga menyambut hangat kedatangan anak KMK FKM Undana di Maubesi.

"Penyuluhan ini dihadiri oleh bapak ketua RW, ketua RT serta para warga dari Dusun 5 Seumbam. Mereka sangat antusias. Anggota KMK juga ikut berbaur bersama masyarakat. Warga sangat senang atas kehadiran kami di Maubesi," pungkas Qino.

Sementara Kepala Puskesmas Maubesi, Albertus E. M. Tori, S.ST,
mengharapkan agar masyarakat secara rutin melakukan pembersihan lingkungan serta menerapkan 3M yaitu Menguras, Menutup, Mengubur untuk mencegah DBD. (Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi)

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved