KPU Kota Kupang Belum Tetapkan Ketua KPU - Ismail Manoe Masih Plt Ketua

Sampai saat ini saya masih jadi Plt. Soal siapa nanti yang jadi ketua akan kami tindak lanjut dan tentu KPU ini merupakan tugas kolektif kolegial

KPU Kota Kupang Belum Tetapkan Ketua KPU - Ismail Manoe Masih Plt Ketua
POS-KUPANG.COM/OBY LEWANMARU
Anggota KPU Kota Kupang 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru

POS-KUPANG.COM/ KUPANG - Semenjak Ketua KPU Kota Kupang, Lodowyk Fredrik memilih untuk dilantik menjadi Komisioner KPU Provinsi NTT, maka KPU Kota Kupang dipimpin oleh Pelaksana Tugas (Plt). Ketua Divisi Teknis KPU Kota Kupang, Ismail Manoe dipercayakan mennjadi Pl. Ketua KPU Kota Kupang.

Ismail yang dikonfirmasi, Minggu (10/2/2019) mengakui , dirinya masih berstatus sebagai Plt Ketua KPU Kota Kupang.

"Sampai saat ini saya masih jadi Plt. Soal siapa nanti yang jadi ketua akan kami tindak lanjut dan tentu KPU ini merupakan tugas kolektif kolegial," kata Ismail.

Kasubag Teknis KPU NTT, Agus Olapaon yang dikonfirmasi sebelumnya mengakui, Lodowyk Fredrik sudah dilantik menjadi anggota KPU NTT bersama empat orang lainnya.

"Namun, karena pak Lodowyk sebelumnya telah dilantik menjadi anggota KPU NTT, maka secara mekanisme tenru harus mengundurkan diri dan itu tentu akan dilakukan oleh pak Lodowyk," kata Agus.

Tentang siapa yang akan menggantikannya, Agus mengatakan itu merupakan kewenangan KPU RI.

Diskusi  Warkop HPN 2019, Bupati Sikka Rela Dicemooh dan  Dimaki

Sedangkan soal pengunduran diri apakah disampaikan ke KPU NTT atau KPU RI, Agus mengatakan, karena yang melantik atau yang mengangkat dan memberhentikan adalah KPU RI, maka surat pengunduran diri harus ke KPU RI.

Sementara itu, Lodowyk Fredrik ,S.T akhirnya memilih menjadi anggota KPU NTT. Padahal Lodowyk sebelumnya telah lulus menjadi anggota KPU Kota Kupang dan dipercayakan menjadi ketua.

Lodowyk adalah mantan Anggota KPU Kota Kupang periode 2013-2018 dan pada seleksi periode 2019-2024 ,Lodowyk satu-satunya yang lulus sebagai incumbent. Lodowyk bersama

empat Komisioner KPU Kota Kupang yang merupakan wajah baru atau anggota baru masing-masing adalah Ismail Manoe,S.Pt, Agustinus Inocentius Fahik,M.A, Zunaididin Harun, S.T dan Welly Novita A Hayer, SS,B Ed,M.Pd.

Lodowyk juga dipilih secara aklamasi oleh teman-teman menjadi Ketua KPU Kota Kupang. Namun, setelah beberapa hari setelah dilantik menjadi anggota KPU Kota Kupang, Lodpwyk juga dinyatakan lulus oleh KPU RI sebagai anggota KPU NTT.

Divisi Hukum KPU Kota Kupang, Agus Fahik yang dikonfirmasi sebelumnya mengatakan, pengganti Lodowyk akan ditempuh melalui mekanisme PAW. "Kalau pengganti untuk Ketua KPU Kota Kupang, ada mekanisme pleno dalam internal komisioner KPU Kota Kupang," kata Agus. (*)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved