Undur Diri dari KPU Kota, Lodowyk Fredrik Ungkap Kronologinya

Lodowyk Fredrik, Ketua KPU Kota Kupang yang baru saja dilantik oleh Ketua KPU RI, memilih mengundurkan diri dari jabatan tersebut

Undur Diri dari KPU Kota, Lodowyk Fredrik Ungkap Kronologinya
POS-KUPANG.COM/Foto Kiriman Lodowyk Fredrik
Anggota Komisioner KPU NTT bersama KPU RI usai pelantikan di Gedung KPU RI, Jumat (8/2/2019). 

Undur Diri dari KPU Kota, Lodowyk Fredrik Ungkap Kronologinya

POS-KUPANG.COM | KUPANG - Lodowyk Fredrik, Ketua KPU Kota Kupang yang baru saja dilantik oleh Ketua KPU RI, memilih mengundurkan diri dari jabatan tersebut dan memutuskan menjadi anggota Komisioner KPU NTT.

Dihubungi dari Kupang, Lodowyk mengungkapkan kronologis secara jelas proses pengunduran dirinya tersebut.

Awalnya, katanya, dia mengikuti proses seleksi menjadi anggota Komisioner KPU Provinsi NTT.

Pemprov NTT Keluarkan Pengumuman Penerimaan PPPK, Butuh 113 Guru Eks Honorer K-2

"Jelang berakhirnya masa kerja KPU provinsi periode 2013-2018, KPU RI membentuk tim seleksi (timsel) untuk merekrut anggota Komisioner KPU Provinsi. Timsel itu terdiri dari lima orang yang diketahui pak Djidon, dan mereka membuka kesempatan untuk kami melamar," katanya, Sabtu (9/2/2019).

Waktu itu Lodowyk masih menjabat sebagai Ketua KPU Kota Kupang, yang masa kerjanya akan berakhir pada tanggal 31 Januari 2019. "Saya gunakan kesempatan itu untuk melamar," ucapnya.

Antonius Tewas Usai Gali Drainase di Kaki Tebing Setinggi 4 Meter

Dikisahkan, sebanyak 94 orang melamar, dan mengikuti tahapan-tahapan seleksi yakni seleksi administrasi, tes tertulis, psikotes, kesehatan dan wawancara.

"Proses seleksi ini sesuai dengan Peraturan KPU No 7 kemudian disempurnakan PKPU no 25 tahun 2018, dan juknis lainnya, adalah menggunakan sistem gugur. Kami 25 orang masuk pada tahap terakhir wawancara. Dan dipilih hanya 10 orang. Dari 10 orang itu, lima akan dipilih dan dilantik. Saya termasuk kelompok 25 orang dan gagal saat wawancara tim seleksi," ceritanya.

Dia merasa kesempatannya untuk menjadi anggota Komisioner KPU Provinsi telah hilang.

Lalu, usai perekrutan anggota Komisioner KPU Provinsi, dibuka pula peluang menjadi anggota KPU Kota Kupang. Lodowyk melamar dan mengikuti tahap seleksi seperti yang diterapkan pada rekrutmen anggota Komisioner KPU Provinsi.

Halaman
12
Penulis: Lamawuran
Editor: Kanis Jehola
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved