Berita Ekonomi Bisnis

WP Diajak Lapor SPT melalui e-Filling

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kupang mengajak Wajib Pajak untuk mengisi SPT dengan e-filling

WP Diajak Lapor SPT melalui e-Filling
POS-KUPANG.COM/YENI RACHMAWATI
ASISTENSI -Petugas pajak sedang memberikan asistensi kepada wajib pajak untuk melaporkan SPT menggunakan e-filling, di KPP Pratama Kupang, Rabu (6/2/2019). 

Laporan Reporter POS-KUPANG, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG.COM | KUPANG-Tahun 2019 ini Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kupang akan melakukan perubahan yang berkaitan dengan kebiasaan wajib pajak (WP). WP diajak untuk mengisi SPT dengan menggunakan e-filling.

WP lebih masih banyak melaporkan pajaknya di akhir periode secara manual sehingga mengakibatkan kedua belah pihak menjadi sibuk dan membutuhkan waktu ekstra.

Kepala KPP Pratama Kupang, Moh Luqman Hakim, Rabu (6/2/2019), mengatakan pihaknya akan membuat kebijakan agar yang lebih awal yang lebih baik dan lebih nyaman, dengan melakukan edukasi dan jemput bola.

Pada akhir Januari 2019, kata Luqman, KPP Pratama Kupang sudah melakukan koordinasi dengan Pemda dan satker yang memiliki banyak karyawan.

Kasus Dugaan Oknum Wartawan, Peras Kepala Desa, Kuasa Hukum Putuskan Tarik Diri   

Kasus Dosen Selingkuh, Suami Klarifikasi, Istri Dosen Minta Maaf

"Kami sudah sosialisasikan dan memilih duta e-filling untuk menyebarkan virus kepada satker, agar semua karyawan bisa melaporkan SPT menggunakan e-filling. Jadi kapan saja dan dimana saja dengan cepat melaporkan SPT serta tidak perlu mengantri ke Kantor Pajak. Kami sudah melakukan workshop untuk duta e-filling dengan tiga gelombang," jelas Luqman yang didampingi Kepala Seksi Pelayanan KPP Pratama Kupang, Ersa Junius Ginting.

Ia menyampaikan, jemput bola yang dilakukan berupa mengisi SPT bareng atau bersama di lokasi kerja Satker.

"Petugas pajak akan memandu para WP step by step untuk mengisi SPT.  Jemput bola ini, dimulai pada 11 Februari 2019, di Satker seperti Polda NTT, polres dan kantor-kantor," ujarnya.

Dua Model Tertangkap Nyabu, Satunya Transgender Dekat Dengan Lucinta Luna

KPP Pratama Kupang juga meminta waktu tokoh-tokoh dan pejabat untuk memberikan testimoni mengenai e-filling. Hal ini untuk membangkitkan WP di Kota Kupang untuk bisa melaporkan SPT mengenakan e-filling, agar tidak dilakukan secara manual.

POS KUPANG/YENI RACHMAWATI
ASISTENSI -Petugas pajak sedang memberikan asistensi kepada wajib pajak untuk melaporkan SPT menggunakan e-filling, di KPP Pratama Kupang, Rabu (6/2/2019).
POS KUPANG/YENI RACHMAWATI ASISTENSI -Petugas pajak sedang memberikan asistensi kepada wajib pajak untuk melaporkan SPT menggunakan e-filling, di KPP Pratama Kupang, Rabu (6/2/2019). (POS-KUPANG.COM/YENI RACHMAWATI)

Saat ini e-filling yang sudah masuk ke KPP Pratama Kupang sebanyak 1.104 laporan. Masih banyak WP yang belum melaporkan SPT.

"Oleh karena itu KPP Pratama Kupang mempunyai tugas yang cukup besar, agar semua WP aktif bisa menggunakan e-filling dalam melaporkan pajak." ungkapnya.

Khusus pelaku UMKM, kata Luqman, agar juga bisa melakukan laporan menggunakan e-filling, sehingga WP bisa melaporkan dari mana saja. KPP Pratama Kupang sudah melakukan edukasi melalui media cetak dan elektronik agar masyarakat teringat dan tergugah untuk segera melaporkan SPT.

Ia berharap agar WP bisa melaporkan pajak melalui e-filling, sehingga tidak terjadi penumpukan di Kantor Pajak. (*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Hermina Pello
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved