Liga Inggris

Pesawat Jatuh di Perairan Selat Inggris, Jasad Berhasil Diangkat dari Pesawat Emiliano Sala

Badan Investigasi Kecelakaan Udara Inggris ( AAIB) mengonfirmasi bahwa jasad telah berhasil diangkat dari puing-puing pesawat yang ditumpangi oleh pe

Pesawat Jatuh di Perairan Selat Inggris, Jasad Berhasil Diangkat dari Pesawat Emiliano Sala
Kolase | Instagram @emilianosala9
Pesan Terakhir Emiliano Sala, Bintang Sepak Bola yang Menjadi Penumpang Pesawat Hilang di Selat Inggris 

POS KUPANG.COM -  Badan Investigasi Kecelakaan Udara Inggris ( AAIB) mengonfirmasi bahwa jasad telah berhasil diangkat dari puing-puing pesawat yang ditumpangi oleh pesepak bola Cardiff City, Emiliano Sala, dan pilot David Ibbotson.

Sebelumnya, pencarian dengan menggunakan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV) menemukan pesawat itu di dasar laut Guernsey, Selat Inggris, pada Minggu (3/2/2019).

Hasil dari usaha tersebut, satu jasad penumpang dilaporkan terlihat dari puing-puing pesawat pada Senin (4/2/2019).

Setelah itu, upaya untuk mengangkat atau memulihkan jasad itu pun dilakukan, setelah berkonsultasi dengan pihak keluarga Emiliano Sala, keluarga pilot Ibbotson, dan kepolisian.

Kini, pihak AAIB mengonfirmasi telah berhasil mengangkat jasad tersebut.

"Setelah pemeriksaan visual yang luas dari lokasi kecelakaan menggunakan kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV), diputuskan untuk mencoba operasi pemulihan," demikian pernyataan AAIB, seperti dikutip dari SkySports, Kamis (7/2/2019).

"Dalam kondisi yang menantang, AAIB dan kontraktor spesialisnya berhasil menemukan mayat yang sebelumnya terlihat di tengah puing-puing. Operasi dilakukan dengan cara yang bermartabat mungkin dan keluarga tetap diberi informasi tentang kemajuan," lanjut pernyataan itu.

Everton vs Man City 0-2, Guardiola Bangga Timnya Rebut Puncak Klasemen

Pihak AAIB pun mengatakan bahwa jasad tersebut kini telah dibawa ke Portland untuk diserahkan ke perawatan Dorset Coroner.

"Jasad saat ini sedang dibawa ke Portland untuk diserahkan ke perawatan Dorset Coroner," demikian pernyataan AAIB.

Terkait kemungkinan sulit untuk mengangkat pesawat, AAIB berharap rekaman video dapat menjadi bukti dalam proses pencariannya.

"Meskipun tidak mungkin untuk mengangkat pesawat, rekaman video luas yang ditangkap oleh ROV diharapkan memberikan bukti berharga untuk penyelidikan keselamatan kami," lanjut AAIB.

"Kami mengharapkan pembaruan kami berikutnya menjadi laporan sementara, yang akan kami publikasikan dalam waktu satu bulan setelah kecelakaan terjadi," demikian AAIB.

Kecelakaan ini bermula ketika Sala dan pilot David menumpangi pesawat jet Piper PA-46 dari Bandara Nantes Atlantique menuju Cardiff, Senin (21/1/2019).

Sala menuju Cardiff setelah proses transfernya dari Nantes saat itu sudah rampung.

Selang satu jam setelah lepas landas, pesawat itu hilang kontak dan koordinat terakhir terletak di utara laut Aldernet tepatnya di sekitar Les Casquets, Selat Inggris. (*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved