Opini Pos Kupang

Mari Menghitung Sampah Kota

Jika kebersihan adalah sebagian dari iman. Lantas siapakah yang imannya kurang jika melihat kondisi Kota Kupang tidak bersih?

Mari Menghitung Sampah Kota
POS KUPANG/NOVEMY LEO
TIGA MINGGU--Tumpukan sampah di Jalan Perintis Kemerdekaan III, samping Warung Makan Abadi, tidak diangkut petugas selama tiga pekan terakhir. Gambar diambil Sabtu (28/12/2013) pagi. 

Mari Menghitung Sampah Kota

Oleh: Lodimeda Kini
Peneliti IRGSC sedang belajar di Delft University of Technology, Belanda

POS-KUPANG.COM, KUPANG-Pelajaran matematika sering kali tidak disukai anak-anak, meskipun ilmu ini dibutuhkan dalam hidup sehari-hari, dan termasuk di dalamnya bagaimana cara menghitung volume sampah serta mengkalkulasi sumber daya yang ada.

Pos Kupang (15/1/2019) memberitakan masuknya tiga kota di NTT dalam daftar kota-kota terkotor se-Indonesia.

Bahkan pada penilaian Adipura 2018, Kota Kupang menjadi salah satu kota dengan capaian nilai terendah dalam hal pengelolaan TPA dan kebersihan fisik.

Empat hari kemudian, muncul berita pegawai Pemprov NTT melakukan aksi pembersihan sampah di Kota Kupang.

Kegiatan ini dilakukan di empat titik antara lain Bundaran Penfui, Gua Monyet, Pantai Warna Oesapa dan Perempatan Oesapa (Pos Kupang, 19/1/ 2019).

Memang birokrat merupakan elemen penting keberhasilan tata kelola sebuah kota dan campur tangannya dalam penanganan kebersihan fisik tentu merupakan sebuah contoh yang baik bagi masyarakat.

Namun, porsi penanganannya tentu tidak hanya terhenti di tahap reaktif, karena tidak bisa dipungkiri bahwa kotornya Kota Kupang juga cermin tidak bersih dan rapinya institusi pemerintah dalam melakukan tata kelola sampah.

Untuk mengetahui langkah-langkah yang dapat diambil Pemerintah Kota Kupang dan bagaimana masyarakat dapat turut ambil bagian membenahi Kota Kupang, mari kita hitung tata kelola sampah di Kota Kupang yang telah dilaksanakan sejauh ini.

Halaman
1234
Editor: Ferry Jahang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved