ITK Provinsi NTT Triwulan IV -2018 Paling Tinggi Secara Nasional

Indeks Tendensi Konsumen (ITK) Provinsi NTT Triwulan IV-2018 tertinggi secara nasional. ITK Provinsi NTT triwulan IV-2018 mencapai 132,50

ITK Provinsi NTT Triwulan IV -2018 Paling Tinggi Secara Nasional
POS-KUPANG.COM/YENI RAHMAWATI
Konfrensi pers BPS NTT bulan Februari 2019 

ITK Provinsi NTT Triwulan IV -2018 Paling Tinggi Secara Nasional

Laporan Reporter POS-KUPANG. COM, Yeni Rachmawati

POS-KUPANG. COM | KUPANG- Indeks Tendensi Konsumen (ITK) Provinsi NTT Triwulan IV-2018 tertinggi secara nasional. ITK Provinsi NTT triwulan IV-2018 mencapai 132,50. Artinya,,  kondisi ekonomi konsumen di Provinsi NTT triwulan IV-2018 meningkat dibanding triwulan sebelumnya.

Kondisi ini didorong oleh peningkatan pendapatan rumah tangga  dengan nilai indeks sebesar 139,47, rendahnya pengaruh inflasi terhadap tingkat konsumsi (nilai indeks sebesar 122,99) dan peningkatan volume konsumsi dengan  indeks sebesar 127,96 persen.

Kepala BPS NTT, Ny Maritje Pattiwaellapia, pada Jumpa Pers Bulanan di Aula Rapat Kantor BPS NTT, Rabu (6/2/2019), mengungkapkan,  sebagian besar provinsi di Indonesia mengalami perbaikan kondisi ekonomi konsumen.

VIDEO: Ini Penyebabnya Harga Daging Ayam Potong di Pasar Kasih Naik

Kepala BPS NTT, Maritje Awali Jumpa Pers Dengan Bahasa Inggris

Provinsi yang memiliki nilai ITK tertinggi adalah NTT. Sedangkan provinsi yang memiliki nilai ITK  terendah adalah Sulawesi Tengah (nilai indeks 98,44).

Ia mengatakan, kondisi ekonomi konsumen di NTT meningkat dibanding triwulan sebelumnya. Dibandikan dengan nilai ITK nasional yang mencapai 10,54 maka nilai ITK NTT lebih tinggi 21,96 poin dan secara nasional ada di peringkat 1.

Kondisi ini didorong oleh peningkatan pendapatan rumah tangga, rendahnya pengaruh inflasi terhadap tingkat konsumsi dan peningkatan volume konsumsi.

"Kita paling tinggi secara nasional, optimismenya tinggi. Mau harga naik atau turun masyarakt tetap belanja karena ada momen-momen seperti Natal di bulan Desember," tuturnya.

Harga Rumah Bersubsidi Naik Lagi

BPS NTT Kembali Ekspose Inflasi Provinsi NTT Bulan Juli 2018

Sedangkan pada triwulan I-2019 ITK NTT diperkirakan sebesar 92,38 artinya kondisi ekonomi konsumen diperkirakan akan menurun. Tingkat optimisme konsumen diperkirakan akan rendah dibandingkan triwulan IV-2018.

"Perkiraan menurunnya kondisi ekonomi konsumen pada triwulan I-2019 didorong oleh perkiraan penurunan pendapatan rumah tangga dan penurunan rencana pembelian barang tahan lama, rekreasi dan pesta/hajatan," kata Maritje.(*)

Penulis: Yeni Rachmawati
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved