Anda Mungkin Menderita Penyakit Ini Kalau Kulit Leher Belakang Hitam dan Menebal

Leher bagian belakang hitam dan menebal mungkin saja pertanda anda menderita beberapa penyakit ini.

Anda Mungkin Menderita Penyakit Ini Kalau Kulit Leher Belakang Hitam dan Menebal
Thinkstock
Ilustrasi diabetes. 

Anda Mungkin Menderita Penyakit Ini Kalau Kulit Leher Belakang Hitam dan Menebal 

POS-KUPANG.COM-  Leher bagian belakang hitam dan menebal mungkin saja pertanda anda menderita beberapa penyakit ini. Selama ini banyak yang menganggap leher bagian belakang hitam dan menebal karena mandi kurang bersih.

Padahal bukan itu penyebabnya. Perubahan warna kulit yang menggelap, biasanya di sekitar belakang leher memang bukan penyakit kulit menular.

Namun dalam beberapa kasus, penggelapan kulit ini juga bisa menjadi tanda peringatan akan penyakit yang lebih serius. Dalam istilah medis, leher menghitam disebut juga acanthrosis nigricans(AN).

Ibu Hamil Bisa Kena Diabetes Loh, Bagaimana Menghindarinya? Simak Tipsnya Berikut!

10 Manfaat Komsumsi Beras Merah, Salah Satunya Kurangi Risiko Diabetes

Kondisi ini menyebabkan kulit menjadi gelap dan tebal hingga mungkin terasa seperti beludru yang bertekstur. AN dapat muncul di lipatan kulit lainnya seperti pangkal paha, di ketiak, tapi yang paling umum di lipatan leher.

Kondisi ini juga dapat terjadi pada siapa saja, terutama pada anak-anak. Kulit yang menghitam dan menebal ini ternyata juga berhubungan dengan kadar insulin dalam tubuh seseorang.

Jadi kalau Anda atau anak Anda memiliki kulit menghitam di bagian belakang leher, itu artinya Anda cenderung memiliki kadar gula tinggi atau rentan mengalami diabetes.

Anak-anak yang memiliki AN juga berisiko tinggi terkena diabetes tipe 2 jika tak segera ditangani.

Selain menjadi tanda awal penyakit diabetes, kulit belakang leher yang menghitam dan tebal juga menunjukkan berbagai kondisi, misalnya:

1. Sindrom cushing

Halaman
12
Editor: Adiana Ahmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved