Opini Pos Kupang

Asuransi Petani, Indonesia Krisis Lahan

jika alih fungsi lahan ini tidak `dihentikan' maka diperkirakan 40 tahun mendatang Indonesia akan `kehabisan' lahan pertanian

Asuransi Petani, Indonesia Krisis Lahan
Salah satu bagian areal persawahan daerah irigasi Lembor. 

Asuransi Petani, Indonesia Krisis Lahan

Oleh : Leta Rafael Levis
Dosen Fakultas Pertanian Undana

PERNAHKAH kita memikirkan, "seandainya suatu saat para petani tidak mau menanam?". Atau, kalau petani mau menanam hasilnya tidak mau dijual karena hanya untuk konsumsi sendiri?

Pertanyaan tersebut kedengarannya sederhana dan bahkan banyak pihak menyatakan "tidak mungkin".

Tetapi perubahan demi perubahan yang kita alami selama ini membawa kita kepada suatu titik permenungan yang serius yakni bagaimana mencari jalan keluar kalau hal tersebut benar-benar terjadi.

Perubahan yang kita rasakan yaitu perubahan ekosistem pertanian dan perubahan orientasi social budaya petani.

Kedua perubahan tersebut telah merubah persepsi petani terhadap apa yang mereka kerjakan selama ini bahwa ternyata bekerja di lingkup pertanian tidak akan mampu merubah kesejahteraan mereka.

Perubahan ekosistem pertanian Pertanian adalah kegiatan mengelola sumber daya alam hayati dengan bantuan teknologi, modal, tenaga kerja dan manajemen untuk menghasilkan komoditas pertanian seperti tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, dan/atau peternakan dalam suatu agroekosistem (UU No. 19/2013).

Aktor utama untuk melaksanakan kegiatan pertanian adalah petani.

Petani menurut UU tersebut adalah warga Negara Indonesia perseorangan dan/atau beserta keluarganya yang melakukan usahatani di bidang tanaman pangan, hortikultuta, perkebunan, dan/atau peternakan.

Ekosistem secara sederhana diartikan sebagai suatu interaksi antara beberapa komponen seperti tanah, air, unsur hara, mikroorganisme tanah, gulma dan tanaman
yang ada di dalam satu kesatuan lokus tertentu.

Halaman
1234
Editor: Ferry Jahang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved