Berita Pendidikan

Wow! Beasiswa Bidikmisi Segera Dibuka, Ini Cara Daftarnya

Sebelumnya, Menteri Ristek Dikti, Mohamad Nasir, menyampaikan bahwa pada 2019 ini, pemerintah akan menambah kuota beasiswa Bidikmisi.

Wow! Beasiswa Bidikmisi Segera Dibuka, Ini Cara Daftarnya
ils/Kompas.com
Cara mendaftar beasiswa bidikmisi 

POS-KUPANG.COM|JAKARTA- Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristek Dikti) terus menggencarkan informasi seputar program beasiswa Bidikmisi. Sebelumnya, Menteri Ristek Dikti, Mohamad Nasir, menyampaikan bahwa pada 2019 ini, pemerintah akan menambah kuota beasiswa Bidikmisi.

"Ini perintah dari Presiden, supaya kalau bisa Bidikmisi dinaikkan 50 persen. Prioritas pembangunan akan digeser dari infrastruktur ke pembangunan sumber daya manusia," kata Mohamad Nasir di Semarang.

Bidikmisi merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang mempunyai potensi akademik baik, namun memiliki keterbatasan ekonomi.

Lengkap, Begini Fakta Perseteruan Jerinx SID dengan Ashanty, Bikin Heboh Saja

Berdasarkan keterangan yang disampaikan Kemenristek Dikti, calon penerima bidikmisi ini wajib terdaftar dalam sistem Bidikmisi dengan memasukkan NPSN (Nomor Pokok Sekolah Nasional) dan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) yang valid.

Kemenristek Dikti belum memberi penjelasan soal kapan pendaftaran beasiswa Bidikmisi ini akan dibuka.

Saat berusaha dikonfirmasi, salah satu staf bagian layanan informasi Ditjen Belmawa Kemenristek Dikti mengatakan, pendaftaran penerima beasiswa Bidikmisi akan mulai dibuka bulan depan.

Teenager : Teeners Yang Memilih Kerja Kantoran Tidak Meluluh Menyenangkan Loh

"Diperkirakan pertengahan Februari. Untuk lebih pastinya menunggu informasi dari (Ditjen) Belmawa," kata staf tersebut. Pendaftaran Bidikmisi sendiri dibedakan menjadi dua jalur, yaitu jalur seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) atau seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN), dan jalur PMDK-PN, UMPN, dan mandiri.

1. Jalur SNMPTN atau SBMPTN Dilansir dari situs resmi Bidikmisi, penerima program ini merupakan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus satu tahun sebelumnya.

Siswa tersebut mempunyai potensi akademik baik, namun mempunyai keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah dan lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru pada perguruan tinggi. Adapun keterbatasan ekonomi ini dibuktikan dengan kepemilikan Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali sebesar Rp 4.000.000 atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp 750.000.

Sri Mulyani Jawab Prabowo Subianto Soal Julukan Menteri Pencetak Utang

Penerima Bidikmisi jalur ini mendapatkan beberapa fasilitas, antara lain Siswa dibebaskan biaya pendaftaran seleksi masuk untuk SNMPTN dan SBMPTN serta seleksi lain yang ditetapkan oleh masing-masing panitia dan perguruan tinggi.

Halaman
123
Penulis: PosKupang
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved