Seleksi KPU NTT - KPU RI Coret Enam Nama Yang Diajukan Timsel

KPU RI mencoret enam nama Calon Anggota KPU NTT yang sebelumnya ditetapkan oleh Tim Seleksi (Timsel) dan mengganti dengan enam nama baru

Seleksi KPU NTT - KPU RI Coret Enam Nama Yang Diajukan Timsel
POS-KUPANG.COM / AMBUGA LAMAWURAN
Ketua Tim Seleksi (timsel) calon Anggota KPU NTT, Drs. Djidon De Haan, M.Si. Gambar diambil Selasa (29/1/2019) 

Seleksi KPU NTT - KPU RI Coret Enam Nama Yang Diajukan Timsel

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Oby Lewanmeru
POS-KUPANG.COM|KUPANG - KPU RI mencoret enam nama Calon Anggota KPU NTT yang sebelumnya ditetapkan oleh Tim Seleksi (Timsel) dan  mengganti dengan enam nama baru.  Enam nama yang dicoret tersebut yakni; Marthin Bara Lay, Muhammad Hatta Sina, James Welem Ratu, Sisilia Prisca Tes, Lodiwik Roga, Hanna Mariana Baun.

Informasi yang diperoleh POS-KUPANG.COM, Jumat (1/2/2019) malam, menyebutkan, muncul surat dari KPU RI terkait nama-nama 10 besar yang akan mengikuti peserta fit and proper test. 

Diantar 10 nama itu ada enam orang nama baru, yakni Rofinus Kopong Teron, John Peter Palla, Lodowyk Fredrik, Yefri Amazia Gala, Ismail Manoe dan Charles Primus Kia.

Sedangkan empat calon  hasil seleksi Tim Seleksi Anggota KPU NTT yang masih ada namanya, adalah Yosafat Koli, Fransiskus Vincent Diaz, Thomas Dohu dan Redemptus H. Dewanto Dao.

Sebelumnya Tim Seleksi Calon anggota KPU NTT telah menyerahkan 10 nama  ke KPU RI . Sepuluh nama yang ada merupakan hasil seleksi oleh Timsel anggota KPU NTT.

Sepuluh nama yakni, Marthin Bara Lay, Thomas Dohu, Muhammad Hatta Sina, James Welem Ratu, Yosafat Koli, Sisilia Prisca Tes, Lodiwik Roga, Redemptus Henry Dewanto Dao, Frasiskus Vincent Diaz dan Hanna Mariana Baun.
Sepuluh  nama ini telah diserahkan ke KPU RI oleh Timsel pada November 2018.

Setelah diserahkan, KPU RI belum melakukan fit and proper test. Tiba-tiba muncul Surat dari KPU RI 10 nama calon anggota KPU NTT dengan enam nama baru yang tidak direkomendasikan oleh Timsel anggota KPU NTT, untuk mengikuti fit and proper test.

Sekretaris KPU NTT, Drs. Ubaldus Gogi yang dikonfirmasi membenarkan surat dari KPU RI terkait 10 nama calon anggota KPU NTT yang akan mengikuti fit and proper test tesebut.

"Itu surat resmi dari KPU RI yang memuat nama-nama calon anggota KPU NTT yang akan ikut fit and proper test. Kalau ada nama baru saya belum cek," kata Ubaldus.

DPRD NTT Desak KPU RI Segera Tetapkan Anggota KPU NTT

Djidon De Haan Klarifikasi Kinerja Timsel Komisioner KPU NTT

Mantan Ketua Timsel , Drs. Djidon de Haan,M.Si yang dikonfirmasi mengatakan, tugas Timsel telah selesai ketika 10 besar calon anggota KPU NTT diserahkan ke KPU RI pada November lalu.

Terkait ada protes soal seleksi tersebut, Djidon mengatakan, tugas Timsel sudah selesai ketika diserahkan hasil dan pertanggung jawaban pada 9 November 2018 ke KPU RI.

"KPU RI sudah klarifikasi pada Desember 2018 yang lalu. Kalau KPU RI berstandar tunggal seperti terhadap hasil Timsel KPU kabupaten dan kota, tak ada lagi perang opini yang merugikan NTT. Timsel tidak ikut campur lagi, walaupun Timsel masih punya tanggung jawab moril," kata Djidon.
Dikatakan Djidon, diskursus yang merendahkan Timsel diruang publik sudah terjadi. (*)

Penulis: Oby Lewanmeru
Editor: Adiana Ahmad
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved