Berita Pendidikan

Syukuran di TK Negeri Pembina Asesa, Ini Yang Dilakukan

TK Negeri Pembina Aesesa, Kabupaten Nagekeo, mengajarkan anak-anaknya untuk tidak menggunakan produk plastik yang berlebihan.

Syukuran di TK Negeri Pembina Asesa, Ini Yang Dilakukan
ist
TK Negeri Pembina Aesesa 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Taman Kanak-Kanak (TK) Negeri Pembina Aesesa, Kabupaten Nagekeo, mengajarkan anak-anaknya untuk tidak menggunakan produk plastik yang berlebihan.

Sosialisasi pengurangan penggunaan bahan plastik dilakukan di sekolah tersebut, Kamis (31/1/2019), bersamaan dengan syukuran penempatan ruang kelas baru (RKB) dan rehabilitasi sekolah secara keseluruhan di sekolah tersebut.

Syukuran dan pemberkatan RKB tersebut mengusung tema 'Yang Menabur Pasti Menuai'. Acara diawali dengan perayaan ekaristi yang dipimpin Pastor Pembantu Paroki Stela Maris Danga, Romo Hironimus Eliminianus Lise, Pr.

Slankers Sumba Timur Siap Dukung Program Revolusi Hijau Gubernur NTT

Suasana tampak begitu meriah. Koor ditanggung anak-anak TK Negeri Pembina yang didampingi para guru.

Kepala Sekolah TK Negeri Pembina Aesesa, Clementina Yulita Sina, kepada Pos Kupang di sela-sela kegiatan, mengatakan, misa syukuran dilaksanakan dalam rangka pemberkatan satu buah ruang kelas baru dan rehab gedung secara keseluruhan.

Clementina, mengatakan, acara syukuran itu tidak menggunakan produk pabrik yang berlebihan. Pengganti piring makan yang disiapkan adalah Wati (anyaman dari daun pandan khas Nagekeo) dan wadah untuk minum dari Teru (terbuat dari bambu).

BREAKING NEWS : Pengguna Ekstasi di Labuan Bajo Dibekuk  Satnarkoba Polres Manggarai Barat

"Kami sengaja memperkenalkan barang-barang non plastik kepada anak-anak TK dan masyarakat untuk mengurangi penggunaan produk plastik yang akan menghasilkan sampah plastik," ujar Clementina.

Menurut Clementina, selain keluarga dan masyarakat, sekolah juga wajib menanamkan sikap dan perilaku penggunaan produk pabrik yang menjadi masalah besar saat ini dan merusak lingkungan.

Dia mengatakan, anak-anak TK diajarkan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan memastikan mereka turut serta mengurangi sampah plastik dengan gencar melakukan penggunanaan produk lokal.

Teenager : Teeners Ini Loh Tips dan Kata Mutiara Agar Cintamu Tidak Terombang-Ambing

"Tadi ada anak yang bertanya dan mereka mencoba menjatuhkan tempat minum dan tidak pecah. Coba kalau gelas pasti sudah pecah dan kalau hari ini acaranya menggunakan air kemasan pasti sampah sudah berserakan dimana-mana," ujarnya.

Dikatakannya, pihaknya sangat mendukung kebijakan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Nagekeo untuk mengurangi penggunaan produk plastik. Dan, katanya, harus dimulai dari diri masing-masing sejak saat ini.

Tekad  TKBM, Jadikan Pelabuhan Lorens Say Pintu Masuk  Mobilisasi Ekonomi

"Kami mengajarkan secara perlahan-lahan kepada anak-anak dan kalau sudah terbiasa, suatu saat nanti mereka tidak akan membuang sampah sembarangan," ujarnya.

Disaksikan Pos Kupang, acara syukuran sederhana tersebut berlangsung meriah. Acara diisi dengan tarian, dhero, qasidah, dan fashion show. Orangtua dan para siswa TK Pembina Negeri Aesesa tampak larut dalam suasana tersebut. (*)

Penulis: Gordi Donofan
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved