Berita NTT Terkini

Kelompok Wanita Tani Soe Study Banding di P4S Damai, Belajar Pengemasan Produk dan Pelabelan

Rombongan kelompok wanita tani yang berasal dari beberapa perwakilan desa di Soe Timor Tengah Selatan, melakukan kegiatan study banding dan magang ke

Kelompok Wanita Tani Soe Study Banding di P4S Damai, Belajar Pengemasan Produk dan Pelabelan
ISTIMEWA
Perwakilan BBPP Kupang ketika berfoto bersama dengan seluruh peserta magang di P4S Damai. 

POS KUPANG.COM - Rombongan kelompok wanita tani yang berasal dari beberapa perwakilan desa di Soe Timor Tengah Selatan, melakukan kegiatan study banding dan magang ke Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) Damai yang berlokasi di Jalan Timor Raya KM 17 Noelbaki Kabupaten Kupang Nusa Tenggara Timur.

P4S Damai merupakan salah satu P4S dengan klasifikasi utama, binaan dari BBPP Kupang. Kegiatan study banding dan magang berlangsung selama dua hari yaitu tanggal 29-30 Januari 2019.

Fokus utama kegiatan magang yang dilakukan yaitu belajar mengenai pengemasan produk dan pelabelan.

Hasil dari kegiatan yang diharapkan yaitu dengan pengemasan dan pelabelan yang baik akan berdampak positif bagi konsumen dan diharapkan juga meningkatkan nilai jual produk yang dihasilkan.

P4S Damai sendiri selain memfasilitasi para petani yang mau berlatih dengan menyiapkan program pelatihan secara swadaya, juga telah berhasil mengembangkan beberapa produk andalannya diantaranya yaitu Virgin Coconut Oil (VCO) hasil ekstraksi dari santan kelapa yang masih segar.

VCO yang dihasilkan memiliki aroma segar dan dapat dikonsumsi atau untuk perawatan kulit dan wajah. Selain VCO, produk yang dihasilkan berupa makanan ringan seperti stik dan kerupuk dari hasil olahan daun pohon marungga/kelor (Moringa oleivera).

Kepala Bidang Program dan Evaluasi BBPP Kupang, Dedih Zaenudin, S.Sos, MM dalam sambutannya mewakili Kepala BBPP kupang menyampaikan bahwa sangat mendukung kegiatan-kegiatan yang dilakukan P4S Damai dalam melakukan kegiatan pelatihan secara swadaya kepada seluruh sumber daya manusia pertanian terutama petani.

BBPP Kupang selaku Unit Pelaksana Teknis Kementerian Pertanian Republik Indonesia juga berperan aktif dalam rangka menumbuhkembangkan keberadaan P4S dan juga melakukan kegiatan pembinaan dan penguatan secara intensif kepada P4S yang sudah ada dengan menyelenggarakan kegiatan pelatihan atau dengan memberikan bantuan sarana prasarana pelatihan.

Dengan semakin meningkatnya jumlah P4S baik dari sisi kualitas dan kuantitas, diharapkan dapat bersinergi dan berkolaborasi bersama dengan BBPP Kupang untuk mengembangkan Sumber Daya Pertanian melalui kegiatan-kegiatan pelatihan yang dilaksanakan. (*)

Editor: Ferry Ndoen
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved