Berita Kabupaten Nagekeo

Kades Degalea dan Kota Keo Harus Ikuti Jejak Kades Raja, Terkait Kepengurusan BUMdes

Kepala Desa (Kades) Degalea, Adrianus Pati dan Kades Kota Keo, Silvester Ebo diimbau untuk mengikuti jejak Kades Raja, Yohanes Don Bosco Pita Wea

Kades Degalea dan Kota Keo Harus Ikuti Jejak Kades Raja, Terkait Kepengurusan BUMdes
Pos Kupang.com/Gordi Donafan
Suasana pelantikan kepala Desa oleh Bupati Nagekeo, dr. Johanes Don Bosco di Nagekeo, Rabu (30/1/2019). 

Laporan Reporter POS KUPANG COM, Gordi Donofan

POS-KUPANG.COM | MBAY -- Kepala Desa (Kades) Degalea, Adrianus Pati dan Kades Kota Keo, Silvester Ebo diimbau untuk mengikuti jejak Kades Raja, Yohanes Don Bosco Pita Wea dalam melaksanakan dan mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Imbuan ini disampaikan Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do ketika melantik ketiga Kepala Desa terpilih di tempat terpisah, Rabu (30/1/2019).

Bupati Don menegaskan BUMDes merupakan Program Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do Ingatkan Kades Hindari Praktek Perjudian dan Perselingkuhan

Sebagaimana diketahui bahwa BUMDes adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki desa melalui penyertaan modal langsung yang berasal dari kekayaan desa.

Lembaga ini sebagai kekuatan yang akan bisa mendorong terciptanya peningkatan kesejahteraan dengan cara menciptakan produktivitas ekonomi bagi desa dengan berdasar pada ragam potensi yang dimiliki desa.

BREAKING NEWS :Dilaporkan Hilang,Siswa SD di Kupang Ternyata Dilarikan Sopir Bemo

Para Kepala Desa sepenuhnya memiliki wewenang untuk merumuskan langkahnya sendiri melalui Musyawarah Desa.

“ Di Desa Raja ini sudah ada BUMDes yang bergerak di bidang jasa. Dua desa tadi perlu belajar dari Desa Raja ini. Jangan tergoda dengan simpan pinjam. Pendamping desa juga harus membantu BUMDes ini,” tegas Bupati Johanes Don Bosco Do.

Untuk Desa Degalea dan Desa Kota Keo belum memiliki BUMDes, sementara wilayah tersebut memiliki potensi komoditi dan ternak yang cukup memadai.

Pada kesempatan Pelantikan dan Pengambilan Sumpah/Janji dan Serah Terima Jabatan dimaksud, Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do mengatakan bahwa para Kades memiliki tanggungjawab yang semakin besar dengan dialokasikannya dana untuk masing-masing desa sebesar Rp 1 miliar lebih.

Halaman
12
Penulis: Gordi Donofan
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved