Liga Inggris

Penggalangan Dana Tembus Rp 5 Miliar, Pencarian Sala Dilanjutkan

Pencarian pemain baru Cardiff City, Emiliano Sala dan pilot akan diteruskan secara independen pada pekan depan. Kepastian ini tidak lepas dari penggal

Penggalangan Dana Tembus Rp 5 Miliar, Pencarian Sala Dilanjutkan
AFP/LOIC VENANCE
Foto Emiliano Sala terpampang di pagar tempat latihan Nantes di La Joneliere, La Chapelle-sur-Erdre, 23 Januari 2019. Sala merupakan pemain termahal Cardiff City yang dibeli dari Nantes. Dia hilang kontak saat menaiki pesawat pada Senin (21/1/2019). 

POS KUPANG.COM -  Pencarian pemain baru Cardiff City, Emiliano Sala dan pilot akan diteruskan secara independen pada pekan depan. Kepastian ini tidak lepas dari penggalangan dana yang diinisiasi oleh agen Sala, Sport Cover, memenuhi target dalam waktu dua hari.

Total 300 ribu euro atau setara Rp 4,8 miliar sudah terkumpul melalui situs web GoFundMe. Dana tersebut rencananya akan digunakan sebagai biaya operasional pencarian yang menggunakan dua perahu.

Sebelumnya, Sala dan David menumpangi pesawat jet Piper PA-46 dari Bandara Nantes Atlantique menuju Cardiff, Senin (21/01/2019).

Babak 16 Besar Liga Champions, Neymar Siap Ladeni Man United

Selang satu jam setelah lepas landas, pesawat itu hilang kontak dan koordinat terakhir terletak di utara laut Aldernet tepatnya di sekitar Les Casquets.

Setelah tiga hari, pihak kepolisian Guernsey yang bertangung jawab dalam proses evakuasi menghentikan pencarian.

Kepolisian terpaksa menghentikan pencarian karena peluang selamat Sala dan kapten David sangat kecil.

Akibat peristiwa nahas ini, dunia sepak bola internasional berduka. Bintang Barcelona, Lionel Messi sampai Presiden Argentina, Mauricio Macri, ingin agar pencarian dilanjutkan.

Dalam penggalangan dana kali ini, beberapa pemain bintang dunia juga turut berpartisipasi. Mereka diantaranya duo Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe dan Adrien Rabiot serta gelandang Manchester City, Ilkay Guendogan.

Baca juga: Firasat Emiliano Sala Sebelum Terjadi Insiden Kecelakaan Pesawat

Di sisi lain, Cardiff City untuk sementara menangguhkan pembayaran 15 juta poundsterling ke Nantes untuk transfer Emiliano Sala. Cicilan tahap pertama sebesar 6 juta poundsterling harusnya sudah dibayarkan, tetapi ditangguhkan oleh mereka. 

Cardiff City akan lebih dulu mempelajari langkah-langkah hukum sebelum mengirim uang tersebut. Mereka bahkan mempertimbangkan untuk mengklaim adanya kelalaian yang menyebabkan terjadinya tragedi ini.

Pesawat yang ditumpangi Emiliano Sala disebut-sebut tidak laik, pilotnya juga tidak memiliki lisensi penerbangan komersial, dan Cardiff City menyatakan tidak ikut campur dalam mengatur pemilihan penerbangan itu.

Ada kemungkinan Nantes akan menuntut balik, tetapi mereka menyatakan tidak mau mendiskusikan persoalan finansial dalam situasi seperti sekarang. (*)

Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved