Berita Perdatin

Latih Masyarakat Awam Tentang Pijat Jantung Perdatin NTT Lakukan Hal ini

Perdatin NTT menggelar pelatihan pijat jantung bagi orang awam di Atrium Lippo Plaza Mall Kupang, Jumat (25/1/2019).

Latih Masyarakat Awam Tentang Pijat Jantung  Perdatin NTT Lakukan Hal ini
Hermina Pello
Foto Bersama Perdatin NTT 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Apolonia Matilde Dhiu

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Perhimpunan Dokter Spesialis Anestesiologi dan Terapi Intensif Indonesia (Perdatin) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar pelatihan pijat jantung bagi orang awam di Atrium Lippo Plaza Mall Kupang, Jumat (25/1/2019).

Pelatihan tersebut bertujuan memperkenalkan teknik pijat jantung. Selain itu, masyarakat juga mengenal dokter spesialis anestesilogi tidak hanya di kamar operasi saja tetapi juga bisa di ruang UGD maupun ICU.

Pelatihan pijat jantung yang didukung oleh Rumah Sakit (RS) Siloam Kupang tersebut dibuka Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat. Viktor memberikan apresiasi yang besar kepada Perdatin NTT dan berharap Perdatin bisa melakukan pelatihan secara berkala.

Hari Bhakti Imigrasi 69, Kantor Imigrasi Kupang Dapat Penghargaan Terbaik Tindakan Pro Justisia

Gubernur Viktor juga berencana mengadakan alat pacu jantung atau disebut Alat Latih Automated External Defibrillator (AED) di tempat-tempat seperti di bandara dan mall.

Ketua Perdatin Provinsi NTT, dr. Frans Homalessy, SpAn mengatakan, kematian bisa menerpa semua orang, kapan dan di mana saja bisa terjadi, dan tidak mengenal orang tua, muda, anak kecil, laki-laki atau perempuan. Namun, serangan jantung bisa dibantu secara medis.

Pijat Jantung
Pijat Jantung (Hermina Pello)

Menurut dr. Frans, orang yang menyelamatkan kita adalah orang yang ada di sekitar kita. Untuk itu, katanya, Perdatin Provinsi NTT mengajarkan kepada orang awam untuk bisa pijat jantung. Menurut dr. Frans, pelatihan pijat jantung baru dilakukan pertama kali oleh Perdatin Provinsi NTT.

Untuk langkah awal, pihaknya mengajarkan secara cuma-cuma kepada instansi yang terkait dengan pelayanan banyak orang seperti karyawan mall, petugas bandara, pegawai PT Angkasa Pura, pegawai PT Pelni, bank, hotel, TNI dan Polri.

WOW ! ASN di TTS Dapat Rp  5 Juta dari Gubernur NTT Viktor Laiskodat 

"Karena, tempat-tempat ini banyak terjadi potensi serangan jantung. Saya ucapkan terima kasih kepada Gubernur NTT yang sudah membuka acara ini. Kami membagi ilmu kepada para petugas ini, sambil menunggu bantuan, karena kalau tidak pasien akan cepat meninggal dunia, kalau tidak dibantu. Kalau dilakukan dengan benar 30- 50 persen pasien sakit jantung bisa diselamatkan," ujar dr. Frans.

Pijat Jantung1
Pijat Jantung1 (Hermina Pello)

Dia menjelaskan beberapa langkah sederhana untuk pijat jantung, antara lain bangunkan pasien apakah dia sadar atau pingsan. Kalau pasien pingsan, berteriaklah minta tolong kepada orang lain. Setelah itu, buka jalan napasnya. Caranya adalah dengan mengangkat dagunya ke atas, kalau pasien tidak bernapas segera pijat jantungnya. Pemijatan dilakukan dengan menekan di pertengahan tulang dada selama 100-120 kali/menit. Kalau bisa dikombinasi dengan napas buatan, yakni 30 kali tekan, dan dua kali napas buatan. Napas buatan caranya pada saat pasien jatuh kita tiup menggunakan mulut kita, tempelkan mulut kita ke mulut pasien, hidungnya ditutup, dan kita tiup sampai dadanya terangkat. Lakukan sampai pasien sadar, atau penolong kelelahan, dan sampai penolong dalam hal ini petugas medis datang.

Halaman
12
Penulis: Apolonia M Dhiu
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved