Berita Manggarai Barat

Wow! Sanggar Seni Nuca Lale di SMKN 1 Labuan Bajo Untuk Kembangkan Potensi Siswa

Kegiatan seni budaya salah satu jenis kegiatan ekstrakurikuler di SMKN 1 Labuan Bajo di antara beberapa jenis kegiatan lainnya.

Wow!  Sanggar Seni Nuca Lale di SMKN 1 Labuan Bajo Untuk Kembangkan Potensi Siswa
ist
Sanggar Seni Nuca Lale di SMKN 1 Labuan Bajo 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Servan Mamilianus

POS-KUPANG.COM|KUPANG - Para siwa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Labuan Bajo mengembangkan potensi, minat dan bakatnya di bidang seni melalui Sanggar Seni Nusa Lale.

Kegiatan seni budaya merupakan salah satu jenis kegiatan ekstrakurikuler di SMKN 1 Labuan Bajo di antara beberapa jenis kegiatan lainnya.

Sejak tahun 1997, SMK Negeri 1 Labuan Bajo mendirikan sanggar seni sebagai wadah berkumpul dan berkembangnya potensi para siswa, khususnya budaya Manggarai.

Ibu Hamil dari Manggarai Barat, Melahirkan Dalam Perjalanan Saat Berjalan Kaki Menuju Rumah Sakit

Kepala SMK Negeri 1 Labuan Bajo, Stefanus Satu, kepada Pos Kupang, Senin (21/1/2019), mengatakan, keberadaan sanggar seni di sekolah tersebut terus berkembang.

"Berbagai tarian khas Manggarai ada di Sanggar Seni Nuca Lale. Seperti Tarian Ndududake, Rangkuk Alu, dan masih banyak tarian lainnya, termasuk tarian-tarian kreasi. Pentas Caci juga dilatih. Pelatih sekaligus ketua Sanggar Seni ini adalah Pak Lambertus Jeharu dan Ibu Saltri. Mereka yang melatih siswa-siwi di sanggar seni ini," kata Stefanus.

Selama ini, katanya, banyak pihak yang menyelenggarakan kegiatan di Labuan Bajo, menggunakan sanggar dari SMKN 1 tersebut untuk mengisi acara pentas seni budaya.

Demikian juga, lanjut Stefanus, pada even-even penting di Kota Labuan Bajo, sering melibatkan Sanggar Seni Nuca Lale.

Akses Minim, Ibu Hamil Ini Terpaksa Jalan Kaki ke Rumah Sakit dan Melahirkan di Tengah Jalan

"Sanggar Seni Nuca Lale sudah terdaftar di Dinas Pariwisata, Kabupaten Manggarai Barat. Sehingga, kalau ada even-even di Labuan Bajo, mereka biasanya menghubungi kami untuk pentas. Kami ingin siswa-siswi kami mengerti tentang budaya dan selalu merawatnya. Keberadaan sanggar seni budaya ini juga sebagai bentuk pelestarian budaya," kata Stefanus.

Menurut Stefanus, selain mengikuti pementasan di sejumlah hotel di Labuan Bajo atau di instansi pemerintah, banyak juga yang datang menyaksikan langsung pentas seni budaya dari sanggar seni itu di sekolah.

KPK Tahan Bupati Mesuji dan Empat Tersangka Lainnya, Siapa Saja Mereka?

"Siswa-siswi yang mau bergabung di sanggar seni, diseleksi dan dilatih setiap minggu. Setiap hari Rabu dan Jumat sore," tutur Stefanus.

Dia mengatakan, kegiatan ekstrakurikuler lainnya di sekolah tersebut, yakni pramuka, futsal, bola voly dan bola sepak. (*)

Penulis: Servan Mammilianus
Editor: Apolonia Matilde
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved