VIDEO: Mati Mesin, SAR Maumere Evakuasi Yacht Australia yang Berlayar dari Timor Leste Menuju Bali

VIDEO: Mati Mesin, SAR Maumere Evakuasi Yacht Australia yang Berlayar dari Timor Leste Menuju Bali

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Eugenius Moa

POS-KUPANG.COM, MAUMERE - Tim gabungan dari Kantor SAR Maumere mengevakuasi empat wisatawan asal Australia dari Yacth Joyeste yang mengalami mati mesin dari perairan utara Pulau Flores, Propinsi NTT, Kamis (24/1/2019) pukul 02.30 Wita.

Kepala Kantor SAR Maumere, I Putu Sudayana, SE,M.AP, Kamis (24/2/2019) malam mengatakan Basarnas Maumere menerima laporan kapal yacht Australia mati mesin di utara Pulau flores.

Yacht ini ditumpangi empat warga Australia berlayar dari Timor Leste tujuan Maumere dan Bali mengalami mati mesin, Rabu (23/1/2019).

Mahasiswa Ini Ditemukan Tak Bernyawa di Kamar Kos dalam Kondisi Begini, Pacarnya Langsung Histeris

Dua Tahun Berdiri, Sekejap Kafe J 20 Milik Ribka Octavianus Tersungkur di Pantai Warna Oespa

Aplikasi WhatsApp Batasi Forward Pesan, Ternyata 6 Fakta Ini Jadi Alasan

“Pukul 10.00 Wita diberangkatkan tim SAR gabungan dari Basarnas Maumere 15 orang, tiga orang Lanal Maumere menggunakan kapal rescue 212 milik Basarnas Maumere,” kata Putu.

Ia menjelaskan Basarnas Maumere mengeluarkan maklumat pelayaran kepada kapal yang melintas di sekitar lokasi kapal Joyeste. Alhasil, kapal kargo Santa Vista berada paling dekat dengan yacht melakukan pertolongan.

Kunjungi Nusa Tenggara Timur, Fahri Hamzah Beberkan Isu Tenaga Kerja Migran

Video Detik-detik Gelombang Tinggi Hantam Pantai Tedis Kupang

Basuki Tjahaja Purnama Bebas, 7 Tokoh Ini Unggah Fotonya, Welcome Home Bro

“Kapal Santa Vista melakukan ‘towing’ (penarikan ) kepada Joyeste. Rencana antara Kapal Santa Vista dan Rescue Boat 212 melakukan proses penjemputan di titik yang ditentukan pada koordinat 08⁰20’59.17 S , 122⁰28’11.07”E,” ujar Putu.

Namun pada penarikan menuju lokasi, dua kali tali penghubung antarkapal Santa Vista dan Joyeste putus. Alasan keselamatan dan waktu sudah malam hari, Santa Vista minta alternatif titik intercept kedua di perairan Larantuka.

Tim SAR Maumere melakukan koordinasi dengan Pemda Flotim dan Pos Lanal Larantuka menarik yacht menggunakan kapal nelayan KM.Bahtera). Tim dipimpin Kepala Kantor SAR Maumere menemui Kapal Santa Vista pada pukul 23.30 Wita. Selanjutnya dilakukan penarikan menuju Pelabuhan Larantuka.

Kapal Joyeste dan keempat wisatawan Australia tiba di Larantuka pukul 02.30 Wita.

“Sataa ini mereka berada di Larantuka melakukan perbaikan mesin kapalnya. Saya minta mereka memperhatikan prakiraan cuaca dan kondisi kapal sebelum melanjutkan perjalanan,” kata Putu.

(*)

Penulis: Eugenius Moa
Editor: Eflin Rote
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved