Berita Ekonomi Bisnis

Kapan PLN UIW NTT Aktifkan Lagi Panas Bumi Ulumbu?

GM PLN UIW NTT mengatakan PLN punya rencana tahun ini PT. PLN akan menugaskan anak perusahaan PLN untuk mengaktifkan kembali sumur -sumur baru.

Kapan PLN UIW NTT Aktifkan Lagi Panas Bumi Ulumbu?
POS KUPANG/ARIS NINU
PLTU Ulumbu di Desa Wewo, Kecamatan Satar Mese-Manggarai 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Adiana Ahmad

POS-KUPANG.COM | KUPANG - PT PLN (Persero) akan mengaktifkan kembali energi panas bumi Ulumbu, Mataloko, Kabupaten Ngada pada tahun ini.

General Manager PT. PLN Unit Induk Wilayah (UIW) NTT, Ignatius Rendroyoko mengatakan, energy listrik Panas Bumi Ulumbu selama ini tidak aktif dan tidak beroperasi.

"Kami punya rencana tahun ini PT. PLN akan menugaskan anak perusahaan PLN untuk mengaktifkan kembali sumur -sumur baru. Memang perlu waktu dan sumber daya investasi tambahan untuk mengaktifkan sumber energi listrik panas bumi Ulumbu. Karena itu energi bagus, terbarukan, energi bersih. Energi yang sangat bermanfaat untuk daerah setempat," kata Rendroyoko ketika ditemui di Hotel Aston Kupang, Senin (21/1/2019) .

ULUMBU - Inilah PLTU Ulumbu di Desa Wewo, Kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai.
ULUMBU - Inilah PLTU Ulumbu di Desa Wewo, Kecamatan Satarmese, Kabupaten Manggarai. (Egy Moa)

Sementara mengenai PLTU Ropa yang dinilai belum maksimal pemanfaatannya, Rendroyoko menjelaskan, PLTU Ropa belum dimanfaatkan secara full atau maksimal karena performa akibat operasi atau pemeliharaan yang mungkin masih perlu penyempurnaan .

"Kami membangun jaringan untuk evakuasi dayanya. Ropa masih bermasalah, daya belum bisa tersalur penuh karena interkoneksi jaringan dari Ende ke Maumere belum ada. Kalau bisa kita salurkan, Maumere-Ende Ropa koneksi juga ke Bajawa dan Ruteng," ujarnya.

Mantan GM PT PLN UIW NTT, Christyono mengatakan, PLN memang mempunyai komitmen untuk mengembangkan energi panas bumi karena energi panas bumi merupakan sumber energi setempat, yang tidak bisa dibawa kemana-mana .

"Energi itu hanya bisa dibawa dengan kabel ke seluruh Pulau Flores. Ini perlu dikembangkan. Yang namanya mandiri energi, kalau bisa tidak bawa dari luar. Karena itu, mohon dukungan karena banyak sekali persoalan sosial akibat ketidaktahuan masyarakat , kurang informasi," kata Christyono

Dia meminta agar masyarakat memberikan dukungan ketika ada proyek PLN. "Kami tidak pernah rugikan masyarakat. Tapi karena di situ ada panas bumi, maka kita manfaatkan di tempat itu," jelas Christyono.

Untuk info terkini pln, rekrutmen, kita akan infokan melalui

lg :pln_ntt

Fb : pln Wilayah Nusa tenggara Timur

YouTobe : pln unit Induk Wilayah Nusa tenggara Timur

Penulis: Adiana Ahmad
Editor: Hermina Pello
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved