Berita Kabupaten Kupang

Sejak 2017! Action Against Hunger Lakukan Pelatihan MTBS bagi Tenaga Kesehatan

mengurangi kematian, penyakit dan kecacatan serta mendorong pertumbuhan dan perkembangan yang lebih baik pada anak-anak dibawa usia lima tahun.

Sejak 2017! Action Against Hunger Lakukan  Pelatihan MTBS bagi Tenaga Kesehatan
Pos Kupang.com, Edy Hayong
Suasana diskusi kelompok pada workshop perencanaan health system strengthening di Hotel Sahid T-More, Kupang, Selasa¬† (22/1/2019). 

Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Edi Hayong

POS KUPANG.COM I KUPANG--- Action Against Hunger sejak tahun 2017 bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kupang, telah membekali pelatihan manajemen terpadu balita sakit (MTBS) bagi tenaga kesehatan.

Fokus perhatian Action Against Hunger pada 6 wilayah puskesmas itu dimaksudkan mengurangi kematian, penyakit dan kecacatan serta mendorong pertumbuhan dan perkembangan yang lebih baik pada anak-anak dibawa usia lima tahun.

Project Manager Action Against Hunger Wilayah Kabupaten Kupang, Caecilia Sadipun menyampaikan hal ini kepada POS KUPANG.COM di sela-sela kegiatan workshop perencanaan Health system strengthening di Hotel Sahid T-More, Kupang, Selasa (22/1/2019).

Sadipun menjelaskan, kegiatan workshop saat ini merupakan kelanjutan dari program kerja yang telah dilaksanakan tahun 2017 lalu. Namun, pada kegiatan saat ini lebih pada penguatan dan membahas soal strategi yang digunakan dalam mengatasi permasalahan kesehatan di Kabupaten Kupang.

Gempa di Sumba Barat ! Aktivitas Perkantoran Pemerintaham dan Masyarakat Berjalan Nornal

BREAKING NEWS: 12 Kali Gempa Susulan Guncang Sumba Barat, Pasca Gempa 6,2 SR

Pada workshop kali ini, pihaknya menghadirkan para stakeholder dimana mereka akan disebarkan pada kelompok kecil yang akan membahas secara spesifik bidang kerja yang berkaitan dengan permasalahan kesehatan.

Dijelaskannya, terkait dengan pelatihan MTBS, pihaknya turun ke lapangan di 6 wilayah puskesmas yakni, Poto, Camplong, Oelbiteno, Tarus, Baun, Batakte termasuk FK Undana, Poltekes Kemenkes Kupang, UPT Latnakes Kupang.

"Sebanyak 213 tenaga kesehatan telah mengikuti pelatihan MTBS terdiri dari bidan, perawat, tenaga gizi, tenaga apotek, dan dokter. Ada 11 tenaga kesehatan diantaranya juga telah dilatih menjadi fasilitator MTBS," jelas Sadipun.

Untuk diketahui, Dinkes Kabupaten Kupang menggandeng Action Against Hunger membahas persoalan kesehatan di Kabupaten Kupang. Fokus perhatian antar kedua institusi ini lebih pada Perencanaan Penguatan Sistem Kesehatan.

Kegiatan workshop selama tiga hari dari tanggal 21-23 Januari  harapannya lebih pada integrasi sistem kesehatan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan ibu anak (KIA) dan gizi. Kegiatannya dibuka secara resmi Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Kabupaten Kupang, Joni Nomseo. (*)

Penulis: Edy Hayong
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved