Berita Kabupaten TTS

Hujan Deras Yang Guyur Kabupaten TTS Timbulkan Bencana

Hujan deras yang terus menguyur Kabupaten TTS dalam dua pekan terakhir menimbulkan beberapa bencana alam.

Hujan Deras Yang Guyur Kabupaten TTS Timbulkan Bencana
POS KUPANG/DION KOTA
Nampak badan jalan menuju jembatan Noebunu telah amblas akibat terkikis air kali Neobunu

POSKUPANG.COM|SOE -– Hujan deras yang terus menguyur Kabupaten TTS dalam dua pekan terakhir menimbulkan beberapa bencana alam.

Berdasarkan hasil pantuan Badan Penanggulan Bencana Daerah ( BPBD) Kabupaten TTS, selain menyebabkan badan jalan Oe'0-Ayotupas, tepatnya sebelum memasuki jembatan Noebunu ambruk, hujan deras juga menyebabkan pergeseran tanah di kuai, Amanuban Selatan dan terisolirnya daerah Nunbena dan teneotop pasca naiknya permukaan air di kali yang mengitari wilayah tersebut.

Kepala BPBD Kabupaten TTS, Ady Tallo mengatakan, sudah melakukan koordinasi dengan Plh Bupati TTS, Marthen Selan guna mengeluarkan pernyataan bencana sehingga dana tanggap darurat bisa digunakan untuk memperbaiki badan jalan yang ambruk di ruas jalan Oe'0-Ayotupas.

Hari ini, Selasa ( 22/1/2019) direncanakan bersama Dinas PU, BPBD akan melakukan penanganan darurat di jembatan Noebunu agar tidak putus.

Ini Penjelasan Wiranto Terkini Soal Abu Bakar Baasyir

Yuk ! Intip Ruang Ganti Baju Cristiano Ronaldo di Stadion Juventus

" intensitas hujan yang cukup tinggi beberapa hari terakhir ini menimbulkan beberapa bencana alam. Yang paling menyedot perhatian adalah ancaman putusnya jembatan Noebunu akibat badan jalannya sudah ambruk. Oleh sebab itu, kita rencanakan hari ini akan melakukan penanganan darurat agar akses utama menuju jembatan Noebunu tidak sampai putus," ungkap Ady.

Terpisah, Ketua Komisi III DPRD TTS, David Boimau mengaku, komisi III sudah turun ke lapangan guna melihat keadaan terakhir jembatan Noebunu.

David mendorong pemerintah agar segera melakukan penanganan terhadap ancaman putusnya jembatan Noebunu.

Ini Salah Satu Kunci Rahasia Sukses Kembangkan Minat Anak Anda. Yuk Kepoin!

Nama Mantan Penyiar Berita Metro TV Diusulkan Jadi Moderator Debat Kedua Pilpres

Pasalnya, jembatan tersebut merupakan akses utama yang menghubungkan kecamatan Oenino dengan Kecamatan Amanuban Timur, Fatukopa, kokbaun dan toianas.

Jika jembatan Noebunu sampai putus, maka biaya yang harus dikeluarkan Pemda untuk memperbaiki ruas jalan yang terputus akan lebih banyak jika dibandingkan dengan penanganan yang dilakukan sebelum badan jalan tersebut putus.

Menantu Presiden Jokowi Ini Ternyata Miliki Koleksi Tas Mewah, Ini Loh Buktinya!

Wow, Bayar Parkir 83 Juta? Simak Kisah Nyata yang Terjadi di Skotlandia

" Harus segera ditangani. Karena kondisi terakhir badan jalan yang tersisa sudah potong saja. Mobil sudah tidak bisa lewat lagi. Motor pun harus antrian dan dibatasi jumlahnya. Takutnya, sewaktu -waktu badan jalan akan ambruk. Oleh sebab itu, kita minta pemda harus segera tangani. Paling lambat hari ini harus mulai kerja," pintanya. ( *)

Penulis: Dion Kota
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved