Berita Kabupaten TTS

Bawaslu Kabupaten TTS Segera Lakukan Penertiban Pemasangan APK

Tadi kita sudah koordinasi dengan Satpol PP untuk penertiban APK. Tetapi karena besok Satpol PP ada kegiatan penanaman anak kelor

Bawaslu Kabupaten TTS Segera Lakukan Penertiban Pemasangan APK
POS-KUPANG.COM/Dion Kota
Ketua Bawaslu Kabupaten TTS, Melky Fay 

POS-KUPANG.COM|SOE – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten TTS telah mengeluarkan surat pemberitahuan kepada para pimpinan Partai politik ( Parpol) tingkat Kabupaten TTS tertanggal 18 Januari guna melakukan penertiban sendiri terhadap alat peraga kampanye ( APK) masing-masing caleg yang telah terpasang tidak sesuai zona.

Dalam waktu 3 kali 24 jam jika Parpol tidak melakukan penertiban terhadapnya pemasangan APK, balik APK Caleg DPRD Kabupaten, DPRD Propinsi maupun DPR RI, maka Bawaslu Kabupaten TTS akan mengambil sikap tegas dengan melakukan penertiban APK yang dipasang tidak sesuai zona dan tidak sesuai disein yang ditentukan.

Hal ini diungkapkan Ketua Bawaslu Kabupaten TTS, Melky Fay kepada pos kupang, Senin ( 21/1/2019) di ruang kerjanya.

Melky mengatakan, sesuai regulasi, sebelum melakukan penindakan, pihak melakukan upaya pencegahan dengan mengirimkan surat pemberitahuan kepada masing-masing pimpinan Parpol agar menertibkan APK yang dipasang tidak sesuai zona.

Sesuai batas waktu yang diberikan, sebenarnya besok, Selasa Bawaslu bersama Satpol PP Kabupaten TTS melakukan penertiban APK, namun karena Satpol PP harus mengikuti kegiatan penanaman anakan kelor, sehingga waktu penertiban digeser ke hari Kamis (24/1/2019).

" Tadi kita sudah koordinasi dengan Satpol PP untuk penertiban APK. Tetapi karena besok Satpol PP ada kegiatan penanaman anak kelor sehingga kita geser ke hari Kamis," ungkap Melky.

BREAKING NEWS : Warga Mangulewa-Ngada Tewas Tenggelam di Sungai Kapuas

Ketika disinggung terkait target lokasi penertiban APK, Melky mengatakan, untuk tahap awal lokasi penertiban berfokus di wilayah dalam kota Soe. Sedangkan untuk wilayah kecamatan dan desa, penertiban akan dilakukan oleh Panwascam.

" Kita targetkan penertiban di ruas jalan protokol dalam kota Soe. APK yang dipasang tidak sesuai zona dan disain yang sudah ditentukan akan kita turunkan. Nanti, setelah penertiban di Kota Soe, akan diikuti dengan penertiban di kecamatan dan desa," jelasnya.

APK yang ditertibkan akan disimpan digudang sekertariat Bawaslu Kabupaten TTS. APK yang telah ditertibkan bisa diambil kembali caleg, dengan syarat harus dipasang ditempat yang telah ditentukan.

TNI Tanamkan Sikap Cinta Tanah Air Bagi Anak Sekolah

Ia mengaku, Bawaslu Kabupaten TTS sedikit terlambat dalam melakukan penertiban APK jika dibandingkan dengan Bawaslu di kabupaten lainnya di Propinsi NTT yang sudah melakukan penertiban terlebih dahulu. Hal ini disebabkan karena KPU Kabupaten TTS terlambat memberikan APK kepada Parpol peserta pemilu sehingga penertiban APK juga ikut terlambat.

" Selama ini kita belum bisa melakukan penertiban karena APK untuk Parpol belum diberikan KPU Kabupaten TTS. Setelah APK dibagikan kepada Parpol maka kita langsung membuat jadwal penertiban APK, " pungkasnya.

Diberitakan POS KUPANG sebelumnya, Usai tiba pekan kemarin, alat peraga kampanye ( APK) milik calon anggota DPD RI, Pasangan calon presiden dan wakil presiden serta APK Partai politik (Parpol) belum semuanya diambil tim penghubung. Saat ini, APK tersebut masih menumpuk di kantor sekertariat KPU Kabupaten TTS.

Ketua KPU Kabupaten TTS, Santi Soinbala mengatakan, hingga saat ini baru beberapa APK yang diambil tim penghubung. Ia mengaku sudah menghubungi tim penghubung guna mengambil APK yang sudah tiba di kantor sekertariat KPU, tetapi hingga saat ini baru beberapa APK yang diambil.‎ (Laporan Reporter POS KUPANG.COM, Dion Kota)

Penulis: Dion Kota
Editor: Rosalina Woso
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved