Berita NTT Terkini

Begini Persiapan Menyambut Kedatangan  Day Old Chick atau DOC

Apakah anda ingin memulai usaha peternakan ayam tetapi masih bingung mengenai apa saja yang harus dipersiapkan untuk memulainya? Atau anda pernah

Begini Persiapan Menyambut Kedatangan  Day Old Chick atau DOC
istimewa
Persiapan menyambut kedatangan DOC 

POS KUPANG.COM - Apakah anda ingin memulai usaha peternakan ayam tetapi masih bingung mengenai apa saja yang harus dipersiapkan untuk memulainya? Atau anda pernah mengalami kematian DOC yang tinggi? Jika anda termasuk salah satu kategori diatas, ada baiknya anda menyimak uraian berikut ini.

Day Old Chick disingkat DOC atau dalam Bahasa Indonesia berarti anak ayam umur satu hari memang memerlukan perawatan yang ekstra terutama pada saat kedatangan.

Oleh karena itu, persiapan yang dilakukan sebelum kedatangan DOC harus benar-benar matang agar dapat mengurangi stress pada DOC. Stress pada DOC dapat meningkatkan angka kematian yang secara otomatis akan merugikan peternak. Lalu bagaimana persiapan yang ideal sebelum kedatangan sampai penerimaan DOC?

A. Persiapan Sebelum Kedatangan DOC
Beberapa hal penting yang harus dipersiapkan sebelum kedatangan DOC adalah sebagai berikut :

1. Kandang dan tirai kandang
Sebelum memulai periode pemeliharaan yang baru, perlu diketahui bahwa kandang perlu diistirahatkan dalam keadaan bersih selama minimal 2 minggu. Hal tersebut dilakukan untuk memutus siklus penyakit.

Kandang harus dibersihkan secara menyeluruh baik lantai, dinding maupun langit-langit dengan air bersih yang dicampur desinfektan. Kandang kemudian dibiarkan selama beberapa saat dan tidak boleh dimasuki oleh sembarang orang.

Selain desinfeksi kandang, hal lain yang perlu dipersiapkan adalah tirai kandang. Adanya tirai kandang bertujuan untuk mengatur suhu dan kelembapan kandang, mencegah terpaan angin serta sinar matahari dan hujan secara langsung agar ayam merasa nyaman.

Pemasangan tirai sebaiknya dibuat tidak permanen atau bisa dibuka dan ditutup sesuai dengan kondisi lingkungan yang diperlukan oleh ayam. Bahan tirai bisa terbuat dari plastik atau karung bekas pembungkus pakan (Ustomo, 2011).

2. Guard chick
Guard chick atau brooder guard adalah lingkaran pelindung yang bisa terbuat dari seng, layar, karung, triplek atau boks bekas DOC. Pemasangan guard chick bertujuan agar anak ayam mengumpul sehingga menghemat pemakaian pemanas. Menurut Ustomo (2011) chick guard bisa dipasang melingkar atau memanjang dengan ukuran luas 0.032 m2/ekor DOC dengan ketinggian 40 cm.

3. Litter
Litter berfungsi sebagai bantalan, penghangat tubuh, tempat mengais ayam, menyerap kotoran dan cairan, serta mencegah dari penyakit bulbul pada kaki ayam dan terjadinya kerusakan dada. Litter dapat terbuat dari bahan serutan kayu, sekam, serbuk gergaji dan lain-lain.

Halaman
123
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Belitung
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved