Berita Kabupaten TTU

Sosialisasi Informasi Pemilu ! KPUD TTU Rekrut Relawan Demokrasi

Perekrutan tersebut dilakukan untuk membantu KPUD dalam melakukan sosialisasi tentang pemilu khususnya mengajak para pemilih agar menggunakan hak

Sosialisasi Informasi Pemilu ! KPUD TTU Rekrut Relawan Demokrasi
 POS-KUPANG.COM/TOMMY MBENU NULANGI
Juru Bicara KPUD Kabupaten TTU Fidelis Olin sedang mewawancarai salah satu calon relawan demokrasi di Kantor KPUD TTU, Sabtu (19/1/2019). 

Laporan Reporter POS-KUPANG.COM, Tommy Mbenu Nulangi

POS-KUPANG.COM | KEFAMENANU-Pihak Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) melakukan perekrutan para relawan demokrasi.

Perekrutan tersebut dilakukan untuk membantu KPUD dalam melakukan sosialisasi tentang pemilu khususnya mengajak para pemilih agar menggunakan hak pilihannya pada pemilihan umum serentak bulan April mendatang.

"Lalu mereka juga sosialisasi mengenai informasi-informasi tentang pemilu. Tapi tugas mereka yang utama mengajak para pemilih untuk gunakan hak pilihnya," kata Juru Bicara KPUD Kabupaten TTU Fidelis Olin kepada Pos Kupang, Sabtu (19/1/2019) sore.

Mundur dari Ketum PSSI ! Edy Rahmayadi Tunjuk Joko Driyono

Kasus ASN di Dishub Kota Kupang ! Jefri Akan Mutasi Seluruh ASN di Dinas Perhubungan

Diakui Fidelis, ada keterbatasan tenaga jika KPUD sendiri yang melakukan sosialisasi berkaitan dengan pemilu kepada para pemilih sehingga KPU pusat sejak tahun 2014 lalu melakukan perekrutan relawan demokrasi.

Jika pada pemilu sebelumnya jumlah relawan demokrasi hanya sebanyak 25 orang saja, maka pemilu kali ini berjumlah sebanyak 55 orang yang nantinya dibagikan pada 11 segmen pemilu untuk dilakukan sosialisasi.

Dijelaskan, pihaknya telah membuka pendaftaran untuk perekrutan relawan demokrasi beberapa hari lalu. Sejak dibuka pendaftaran, sekitar 156 orang yang melamar menjadi relawan demokrasi.

"Dari 156 orang yang mendaftar itu, setelah kami lakukan verifikasi administrasi ternyata mereka memenuhi syarat semua. Sehingga pada hari ini kami mewawancarai mereka," ujarnya.

Setelah melakukan wawancara, ungkap Fidelis, pihaknya segera melakukan pleno penetapan siapa yang berhak untuk masuk dalam 55 kuota relawan demokrasi sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh KPU Pusat.

Setelah dinyatakan lolos, tambah Fidelis, para relawan nantinya akan dibekali dengan bimbingan teknis dan pelatihan berkaitan dengan hal-hal yang harus dilakukan di lapangan karena para relawan memiliki hak dan kewajiban yang harus dipenuhi.

"Walaupun mereka bekerja hanya tiga bulan. Setelah pemilu pada 17 April 2019, mereka juga selesai. Dan anggaran untuk membiayai mereka ada di DPAnya KPU," ujarnya. (*

Penulis: Thomas Mbenu Nulangi
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Pos Kupang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved