Berita Internasional

Pertemua dengan utusan AS di Pakistan ! Taliban Afghanistan Menolak

Taliban Afghanistan membantah laporan di media Pakistan bahwa mereka siap melanjutkan pertemuan dengan utusan khusus Amerika Serikat, Zalmay Khalilzad

Pertemua dengan utusan AS di Pakistan !  Taliban Afghanistan Menolak
(REUTERS/Omar Sobhani )
Polisi Afghan berjaga di lokasi serangan bom bunuh diri menggunakan truk di Kabul, Afghanistan, Jumat (7/8). 

POS KUPANG.COM - - Taliban Afghanistan membantah laporan di media Pakistan bahwa mereka siap melanjutkan pertemuan dengan utusan khusus Amerika Serikat, Zalmay Khalilzad, di Islamabad.

Mereka menegaskan kembali penolakan untuk berurusan langsung dengan pemerintah Afghanistan.

Beberapa surat kabar dan stasiun televisi Pakistan melaporkan kemungkinan akan diadakannya pertemuan di Islamabad menyusul diskusi yang dilakukan antara Khalilzad dan pejabat Pakistan, termasuk Perdana Menteri Imran Khan pada Jumat, demikian Reuters melaporkan.

Sejumlah pemimpin senior Taliban mengatakan bahwa beberapa negara regional seperti Pakistan telah mendekati mereka dan ingin agar mereka bertemu dengan delegasi AS di Islamabad dan juga melibatkan pemerintah Afghanistan dalam proses damai, tetapi pendekatan tersebut telah ditolak.

"Kami ingin menjelaskan bahwa kami tidak akan menggelar pertemuan apa pun dengan Zalmay Khalilzad di Islamabad," kata juru bicara Taliban, Zabiullah Mujadih, dalam sebuah pernyataan.

Jari Kelingking Patah ! Karim Benzema tetap Dipaksa Bemain Real Madrid

Ini Ungkapan Buffon soal Cristiano Ronaldo di Juventus untuk Jadi Raja Eropa

Pembicaraan antara kedua belah pihak terhenti setelah Taliban menuding Khalilzad menyalahi agenda yang disepakati dan tidak ada kejelasan kapan pembicaraan itu kemungkinan akan dilanjutkan.

"Kami telah menjelaskan lagi dan lagi bahwa kami tidak akan pernah menggelar pertemuan apa pun dengan pemerintah Afghanistan karena kami tahu bahwa mereka tidak mampu memenuhi tuntutan kami," kata salah satu pemimpin senior Taliban, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.

AS mengatakan penyelesaian apa pun yang dicapai di Afghanistan harus dilakukan oleh pemerintahan Afghanistan yang diakui masyarakat internasional dan Taliban, yang sejauh ini menolak berbicara dengan pemerintahan yang mereka anggap sebagai rezim boneka yang tidak sah.

Baca juga: Amerika Serikat siap berunding langsung dengan Taliban di Afghanistan

Pemimpin Taliban mengatakan pembicaraan tentang perdamaian dengan delegasi AS dapat dilanjutkan jika mereka diyakinkan bahwa hanya tiga isu yang akan dibahas - penarikan AS dari Afghanistan, pertukaran tahanan dan pencabutan larangan terhadap pergerakan para pemimpin Taliban.

Halaman
12
Editor: Ferry Ndoen
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved